Wisata

Taman Blambangan, Pilihan Bersantai dan Aktivitas Seru di Pusat Kota Banyuwangi

Rabu, 17 Januari 2024 - 02:22
Taman Blambangan, Pilihan Bersantai dan Aktivitas Seru di Pusat Kota Banyuwangi Lorong bambu, spot foto favorit pengunjung Taman Blambangan. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGITaman Blambangan, sebuah ruang hijau yang luas di pusat Kota Banyuwangi, menjadi tempat favorit bagi warga dan pengunjung untuk bersantai dan berolahraga. Sebagai pusat rekreasi yang menyenangkan, Taman Blambangan menawarkan beragam fasilitas untuk memenuhi berbagai minat dan kebutuhan pengunjung.

Sejak dulu, Taman Blambangan sudah menjadi tempat berkumpul warga Banyuwangi. Dahulu dikenal sebagai Lapangan Tegaloji, area ini menjadi saksi sejarah perkembangan kota, terutama pada masa kolonial Belanda. Kini, Taman Blambangan berubah menjadi ruang terbuka hijau yang penuh kehidupan.

Spot Olahraga Menarik

Bagi para pecinta olahraga, Taman Blambangan menjadi surga tersendiri. Terdapat track jogging yang melingkari lapangan hijau, memberikan pengalaman lari yang segar di bawah sinar matahari.

Untuk penggemar bola basket, lapangan basket yang tersedia  menjadi tempat yang cocok untuk bermain dan berlatih untuk berkompetisi. Tak ketinggalan, area skateboard di dekatnya menyajikan keseruan bagi para skateboarder yang ingin menunjukkan trik-trik terbaik mereka.

Wisata Kuliner di Sekitar Taman

Setelah lelah berolahraga, pengunjung dapat memanjakan lidah mereka dengan berbagai hidangan lezat yang dijual oleh pedagang kuliner di sekitar Taman Blambangan. Tersedia puluhan lapak UMKM yang menyediakan mulai dari makanan ringan tradisional hingga kuliner modern yang menggoda selera, semua bisa ditemukan di sini. Pengunjung dapat duduk santai sambil menikmati suasana taman yang hijau.

Wahana Bermain Anak yang Menyenangkan

Tidak hanya untuk dewasa, Taman Blambangan juga ramah untuk keluarga. Wahana bermain anak yang aman dan menyenangkan tersebar di sepanjang taman, memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk bermain dan bersosialisasi. Orang tua dapat duduk santai sambil mengawasi anak-anak yang bermain dengan gembira.

Gelanggang Seni dan Budaya

Di bagian barat Taman Blambangan, terdapat Gelanggang Seni dan Budaya (Gesibu Blambangan) yang menambah daya tarik kawasan ini. Bangunan yang mirip candi ini menjadi pusat kegiatan seni dan budaya di Banyuwangi. Berbagai pertunjukan seni, pameran, dan acara budaya sering diadakan di sini.

Beragam Acara Seru

Taman Blambangan bukan hanya tempat rekreasi biasa, tetapi juga menjadi tempat untuk berbagai acara besar. Mulai dari konser musik hingga kampanye politik, lapangan ini memiliki kapasitas besar untuk menampung massa.

Setiap Minggu, Taman Blambangan menjadi saksi kegiatan Car Free Day yang mengundang masyarakat untuk beraktivitas tanpa kendaraan bermotor.

"Saya datang ke Taman Blambangan untuk refreshing bersama keluarga. Suasana hijau dan banyak hiburan disini," kata Nurul, salah satu pengunjung yang berasal dari Kecamatan Sempu, Selasa (16/1/2024).

Dengan segala keunikan dan keberagaman aktivitas yang ditawarkannya, Taman Blambangan terus menjadi destinasi favorit bagi semua kalangan di Banyuwangi. Suasana taman yang asri, spot olahraga yang lengkap, kuliner yang lezat, dan acara seru membuat Taman Blambangan menjadi tempat yang menyenangkan untuk dijelajahi bersama keluarga dan teman.(*)

Pewarta : Laila Yasmin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.