Wisata

Coming Soon, Banyuwangi Segera Miliki Wisata Edukatif Museum Desa

Selasa, 05 Oktober 2021 - 18:25
Coming Soon, Banyuwangi Segera Miliki Wisata Edukatif Museum Desa Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M Yanuarto Bramuda (Foto: Hafid Nurhabibi/TIMES Indonesia).

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terus berkembang. Kabar teranyar adalah gagasan memberi ruang sejarah dengan membuat sebuah inovasi baru berupa destinasi wisata edukatif Museum Desa.

Nantinya, Desa-desa di Banyuwangi yang memiliki potensi cagar budaya dengan nilai sejarah, akan didorong untuk mengoleksi benda-benda kuno yang ditemukan di kawasan setempat.

Caranyapun cukup unik, desa diberi kebebasan berkarya mengemas benda peninggalan nenek moyang yang ditemukan di wilayahnya. Dengan begitu, promosi potensi pariwisata yang ada di desa akan masif dikenal publik.

"Nanti kedepannya, dengan adanya museum desa itu bisa menjadi wisata desa itu sendiri," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M Yanuarto Bramuda, Selasa (5/10/2021).

Dijelaskan Bramuda, hadirnya museum desa di tengah-tengah masyarakat, juga menjadi solusi mewadahi barang temuan, dan tidak mengandalkan sentra museum Blambangan.

"Jadi jika pernah ditemukan A, ditemukan B itu desa-desa bisa membuat museum desa, dan tidak hanya bertumpu pada pemerintah daerah," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M Yanuarto Bramuda, Selasa (5/10/2021).

Terlebih, jika ada wisatawan yang ingin mengetahui setiap sudut-sudut desa dengan kearifan lokal masing-masing, setidaknya keberadaan museum desa bisa dijadikan tempat pijakan awal sekaligus wahana edukatif bagi wisatawan.

"Misal ada orang ingin berkunjung ke desa, melihat pertanian, melihat museum peninggalan-peninggalan itu, yang bagus itu harus ada di desa, seperti contoh watu gong," cetusnya.

Sebagai informasi, desa yang tergugah membuat wisata edukatif Museum Desa, bakal diarahkan untuk melengkapi benda-benda sejarahnya, termasuk jika ada salah satu ikon desa yang sudah menjadi koleksi di museum blambangan, akan dikembalikan sebagai power pemikat wisatawan dan kearifan desa. (*)

Pewarta : Hafid Nurhabibi (MG-311)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.