https://banyuwangi.times.co.id/
Pendidikan

14.071 Peserta akan Ikuti UTBK-SBMPTN di Unej, Bertahap Mulai 12 April 2021

Jumat, 02 April 2021 - 20:04
14.071 Peserta akan Ikuti UTBK-SBMPTN di Unej, Bertahap Mulai 12 April 2021 Suasana UTBK SBMPTN 2020 di lokasi UTBK Fakultas Kedokteran Unej. (FOTO: Humas Unej for TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, JEMBER – Sesuai ketentuan, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 telah ditutup per Jumat (2/4/2021), pukul 15.00 WIB.  Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), UTBK-SBMPTN di Universitas Jember (Unej) nantinya akan diikuti sebanyak 14.071 peserta.

"Jumlah peserta tersebut terdiri dari 6.583 peserta ujian kelompok Saintek, 6.492 peserta ujian kelompok Soshum dan sisanya sebanyak 996 orang adalah peserta ujian kelompok Campuran," ujar Wakil Rektor I Unej, Prof. Slamin, selaku Ketua Pusat UTBK Universitas Jember kepada awak media usai penutupan. 

Hingga saat ini, panitia pusat UTBK Unej telah melakukan berbagai persiapan menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh LTMPT dan Kemendikbud.

Di antaranya kapasitas ruang UTBK hanya diisi separuh dari daya tampung yang ada. 

UTBK-SBMPTN-2.jpgUTBK-SBMPTN di Universitas Jember telah ditutup per Jumat (2/4/2021), pukul 15.00 WIB. (FOTO: Humas Unej for TIMES Indonesia)

“Sebenarnya di lokasi Pusat UTBK Unej bisa menampung hingga 25 ribu peserta, namun kami batasi hanya sampai 18 ribu peserta saja sesuai protokol kesehatan yang ada. Namun hingga pendaftaran ditutup ternyata peserta mencapai 14.071 orang saja,” tambah Prof. Slamin. 

Selain itu, panitia juga akan melakukan sterilisasi ruangan UTBK seperti penyemprotan disinfektan dan penyinaran dengan lampu ultra violet sebelum dan sesudah digunakan.

Nantinya pada setiap sesi ujian, sebelum memasuki lokasi ujian semua peserta wajib mencuci tangan dan mengikuti pemeriksaan suhu tubuh.

"Peserta akan dikumpulkan di ruang transit guna diperiksa suhu tubuhnya dan menunjukkan kelengkapan administrasinya sebelum akhirnya diizinkan masuk ruang ujian. Oleh karena itu peserta juga diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, membawa cairan pembersih tangan, dan tetap menjaga jarak," katanya. 

Gelaran kegiatan tersebut dibagi menjadi dua gelombang, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 digelar dalam dua  gelombang, pertama dari 12 hingga 18 April 2021, dan gelombang kedua dari 26 April hingga 2 Mei 2021.

UTBK-SBMPTN-3.jpgUTBK-SBMPTN Unej dilakukan dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh LTMPT dan Kemendikbud. (FOTO: Humas Unej for TIMES Indonesia)

“Saya berharap semua peserta bisa menjaga kesehatan dan selalu mentaati protokol kesehatan, mengingat UTBK dilaksanakan di bulan Ramadhan di tengah masa pandemi Covid-19,” pungkas Slamin.

Hasil SBMPTN akan diumumkan pada 14 Juni 2021.

Rencananya Universitas Jember akan menerima 3.712 mahasiswa baru dari jalur SBMPTN 2021. 

Tahun lalu, saat awal pandemi melanda Indonesia,  UTBK SBMPTN di Universitas Jember diikuti oleh 12.801 peserta.

Untuk diketahui, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 telah ditutup per Jumat (2/4/ 2021), pukul 15.00 WIB.  Dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), UTBK-SBMPTN di Universitas Jember (Unej) nantinya akan diikuti sebanyak 14.071 peserta. (*)

Pewarta : Muhammad Faizin AP
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.