Hukum dan Kriminal

Pemkot Jayapura Imbau Masyarakat Tenang Saat Jenazah Lukas Enembe Tiba

Rabu, 27 Desember 2023 - 15:02
Pemkot Jayapura Imbau Masyarakat Tenang Saat Jenazah Lukas Enembe Tiba Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey (FOTO: ANTARA/Ardiles Leloltery)

TIMES BANYUWANGI, JAYAPURA – Pemkot Jayapura, di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Wali Kota Frans Pekey, mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga ketenangan dan tidak terprovokasi oleh isu yang dapat memecah belah persatuan terkait kematian mantan Gubernur Lukas Enembe

Frans Pekey, di Jayapura Rabu (27/12/2023), menyampaikan imbauan agar masyarakat tidak terpengaruh oleh berita-berita miring yang beredar di media sosial terkait kematian mantan Gubernur Lukas Enembe. "Kami harap masyarakat Kota Jayapura tidak terpancing dengan berita-berita miring yang beredar di media sosial terkait kematian mantan Gubernur Papua," ungkapnya.

Pj Wali Kota menekankan pentingnya menjaga ketenangan dan menyerahkan seluruh aspek keamanan Kota Jayapura kepada aparat keamanan TNI dan Polri. "Masyarakat tidak perlu panik, tetapi tetap tenang dan kita semua berdoa, semoga prosesi pemakaman mantan Gubernur Lukas Enembe berjalan dengan aman dan lancar serta dengan suasana yang penuh damai," tambahnya.

Prosesi Pemakaman dan Imbauan Selama Natal

Jenazah almarhum Lukas Enembe rencananya akan diterbangkan ke Jayapura pada Kamis (28/12). Pemerintah Kota Jayapura berharap agar masyarakat menjemput kedatangan jenazah dengan menjaga suasana yang damai dan kekeluargaan, sesuai dengan momentum perayaan Natal. Frans Pekey mengungkapkan, "Kami atas nama Pemkot Jayapura juga menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya Bapak Lukas Enembe."

Untuk menyambut kedatangan jenazah almarhum Lukas Enembe, Polres Jayapura menyiagakan 500 personel saat penjemputan yang rencananya tiba di Bandar Udara Sentani pada Kamis (28/12/2023).

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen mengimbau masyarakat tidak menumpuk di Bandara Sentani saat penjemputan jenazah almarhum Lukas Enembe. "Untuk situasi Kabupaten Jayapura hingga saat ini masih aman, kondusif dan aktivitas berjalan normal,” katanya.

Menurut kapolres, tentu diharapkan juga saat nanti kedatangan jenazah mantan Gubernur Papua itu tidak ada gerakan-gerakan yang dapat mengganggu kondisi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Papua, khususnya Kabupaten Jayapura. “Ini masih suasana Natal sehingga masyarakat harus tetap menjaga kamtibmas di wilayah hukum Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk penjemputan jenazah Lukas Enembe yang akan berlangsung di Bandara Sentani, kemudian akan disemayamkan di STAKIN (depan Batalyon 751) dan berlanjut ke Koya Koso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.  "Kita kawal prosesi hingga dapat berjalan aman dan lancar, mari jaga nama baik beliau apa yang sudah beliau karyakan di tanah Papua ini bisa menjadi catatan penting bagi kita yang sementara ini masih menikmati," ujarnya.(*)

Pewarta : Antara
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.