Hukum dan Kriminal

Cerita Si Subur Tentang Dugaan Korupsi Camat Pesanggaran Banyuwangi

Rabu, 20 Oktober 2021 - 10:53
Cerita Si Subur Tentang Dugaan Korupsi Camat Pesanggaran Banyuwangi Subur Rianto, warga Dusun Krajan, Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, pelapor kasus dugaan penyalahgunaan wewenang dan jabatan serta indikasi tindak pidana korupsi Camat Pesanggaran. (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Belum rampung kasus dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) tentang program air bersih Rowo Rejo-Pulau Merah. Kasus lain kembali terjadi di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kali ini malah mencatut Camat Pesanggaran, Sugiyo Darmawan yang dituding telah melakukan sejumlah kasus penyalahgunaan wewenang dan jabatan serta tindak pidana korupsi. Camat Pesanggaran dilaporkan oleh Subur Rianto, warga Dusun Krajan, Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran ke Polresta Banyuwangi

Kepada TIMES Indonesia, Subur bercerita panjang lebar tentang kasus yang disinyalir dilakoni oleh camat.

Menurutnya, dalam pengelolaan anggaran dalam rencangan Belanja Tidak Terduga (BTT) penanganan rumah isolasi pasien Covid-19 di kecamatan Pesanggaran, telah terjadi dugaan tindak pidana korupsi.

“Rumah isolasi mandiri berada di rumah dinas Camat Pesanggaran, letaknya dibelakang Kantor Camat Pesanggaran. Kasur spon yang digunakan itu dari Desa Sumberagung, Pesanggaran dan lainnya, tapi oleh camat, kasur spon dianggarkan,” katanya, Rabu (20/10/2021).

Bukan hanya itu, obat-obatan yang disuplai dari Puskesmas Sumberagung, disinyalir juga ikut diuangkan dalam laporan. Praktik manipulasi pun disebut-sebut termasuk honor petugas penjaga. Menurut Subur, program rantang kasih harusnya senilai Rp15.000, dikurangi pajak Rp1500, untuk sekali makan. Atau sebesar Rp13.500. Namun karena dalam pelaksanaan dipihak ketigakan melalui salah satu CV. Anggaran per porsi yang diterima juru masak hanya diangka Rp8.500 saja.

“Jadi bukan masalah kemasannya pakai rantang atau bukan. Namun lebih pada indikasi korupsi hak warga lansia miskin,” ungkap Subur.

Yang lebih mencengangkan. Sejak 2 bulan terakhir, 40 orang lansia penerima program rantang kasih di Kecamatan Pesanggaran, tidak lagi mendapatkan kiriman makanan. Menurut Subur, oleh pihak CV, penduduk miskin usia jompo tersebut hanya dikirimi dalam bentuk sembako, dirapel sekali dalam sebulan.

Karena berwujud sembako, maka tiap bulan berpotensi terjadi selisih harga. Dan disini, disebut-sebut Camat Sugiyo Darmawan, mendapat jatah sampai Rp6 juta per bulan dari selisih harga sembako.

“Sekitar 3 minggu lalu, para penerima program rantang kasih didatangi oleh CV, diminta tanda tangan surat pernyataan,” ujar Subur.

Kasus terakhir adalah dalam pengelolaan ambulans CSR PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Setiap kali digunakan oleh masyarakat, terdapat bantuan operasional sekitar Rp200 ribu. Diperkirakan dalam sebulan anggaran operasional mencapai Rp5 juta.

“Anggaran operasional mobil ambulans itu oleh Camat tidak dilaporkan ke Pemkab Banyuwangi. Diduga digunakan untuk kepentingan pribadi. Informasinya, honor sopir ambulans juga tidak sesuai standar,” ungkapnya.

Laporan dugaan penyalahgunaan wewenang dan jabatan serta indikasi tindak pidana korupsi Camat Pesanggaran, Banyuwangi, ini telah dilaporkan ke Polresta Banyuwangi, sejak 8 September 2021 lalu. Namun menurut Subur, hingga saat ini Camat Sugiyo Darmawan belum dipanggil oleh pihak kepolisian.

“Tanggal 8 September 2021, saya laporan. 4 hari kemudian saya dipanggil untuk dimintai keterangan, lalu beberapa saksi. Beberapa minggu ini ada pemangilan Bendahara Kecamatan. Kalau Camat belum dipanggil,” cetusnya.

Kepada Polresta Banyuwangi, Subur berharap laporannya bisa segera ditangani dengan masif. Mengingat apa yang dia laporkan menyangkut hak masyarakat serta uang negara.

Namun sayang, terkait permasalahan ini Camat Pesanggaran, Sugiyo Darmawan, belum berkenan untuk memberikan klarifikasi kepada wartawan. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.