https://banyuwangi.times.co.id/
Hukum dan Kriminal

Wisatawan Asal Gresik Terseret Ombak Saat Berenang di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Senin, 06 Desember 2021 - 17:39
Wisatawan Asal Gresik Terseret Ombak Saat Berenang di Pantai Pulau Merah Banyuwangi Pantai Pulau Merah Banyuwangi. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Sebanyak 4 wisatawan asal Kabupaten Gresik terseret tingginya gelombang laut di pantai Pulau Merah Banyuwangi, (5/12/2021).

Kejadian ini bermula saat korban IS (40), J (22), U (12), dan G (6) yang tergabung dalam 56 rombongan wisatawan asal Kabupaten Gresik ini menikmati suasana berlibur dengan berenang di pinggiran pantai.

Koordinator penjaga Pantai Pulau Merah, Suyitno mengatakan keempat korban yang terseret ganasnya ombak ini sempat menyelamatkan diri, namun dikarenakan derasnya ombak yang menerpa, tubuh mereka tak mampu menahan laju air.

"IS sembari menggendong G, berusaha menyelamatkan U, namun gagal karena arus laut saat itu begitu kuat. Kemudian J yang mengetahui ketiganya terseret arus, bergegas menolong mereka. Namun sialnya, J juga gagal sebab Ia tak begitu pandai berenang," Katanya (6/12/2021).

Dengan kondisi ini keempat wisatawan tersebut terombang-ambing di tengah pantai sebelum akhirnya berhasil diselamatkan oleh Coast Guard atau penjaga pantai destinasi wisata Pulau Merah Banyuwangi.

"Melihat hal itu, salah satu penjaga pantai kami yang kebetulan berjaga saat itu langsung menceburkan dirinya dan menolong keempat wisatawan yang terseret ganasnya ombak," cetus Suyitno.

Beruntung nyawa dari keempat wisatawan ini berhasil tersematkan oleh petugas, sehingga mereka langsung dilarikan ke Puskesmas Pesanggaran untuk mendapatkan perawatan.

"Mereka selamat dan diperbolehkan pulang setelah dua jam mendapatkan perawatan di Puskesmas Pesanggaran Banyuwangi," ujar Suyitno.

Dirinya pun berpesan kepada masyarakat atau wisatawan yang melakukan aktivitas di Destinasi Wisata Pulau Merah Banyuwangi agar selalu berhati-hati. Sebab lautnya yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia serta tingginya gelombang laut yang bisa mencapai 5 meter sangat berbahaya bagi para perenang pemula.

"Wisatawan diimbau untuk tidak berenang terlalu ketengah pantai, terlebih ketika tidak menggunakan alat keselamatan diri. Terkecuali dalam pendampingan petugas maupun bagi para peselancar profesional," ucap Suyitno Koordinator penjaga Pantai Pulau Merah Banyuwangi. (*)

Pewarta : Riswan Efendi (MG-307)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.