https://banyuwangi.times.co.id/
Gaya Hidup

Es Buah Krai, Minuman Segar Khas Banyuwangi yang Jadi Primadona di Bulan Puasa

Jumat, 24 Maret 2023 - 03:22
Segarnya Es Buah Krai, Minuman Khas Banyuwangi yang Jadi Primadona saat Ramadan Es buah Krai khas Banyuwangi. (FOTO: freepik)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Bulan suci Ramadan adalah waktu yang dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Kabupaten Banyuwangi.

Selama bulan ini, umat muslim berpuasa sepanjang hari dan membatalkannya ketika waktu maghrib tiba. Tradisi berbuka puasa dengan takjil atau makanan ringan dan minuman segar telah menjadi salah satu bagian penting dari bulan Ramadan.

Salah satu menu pelengkap yang tersedia hanya saat bulan Ramadan adalah es buah Krai. Ternyata, bahan utama minuman menyegarkan ini hanya musim disaat bulan Ramadan saja.

Olahan dari buah yang berasal dari Banyuwangi ini menjadi salah satu primadona pelengkap menu buka puasa. Jika memasuki bulan Ramadan, hampir diseluruh sudut Banyuwangi berjajar pedagang yang menjajakan buah Krai.

Buah yang serumpun dengan buah mentimun tersebut memiliki aroma harum yang khas, kulitnya cenderung kuning dengan sedikit sulur hijau dan yang paling penting daging buah Krai lebih tebal dan lembut dibandingkan dengan buah Blewah.

Karena itu, buah tersebut jadi pilihan populer bagi masyarakat Banyuwangi untuk diracik menjadi minuman segar pemberi kenikmatan saat berbuka puasa.

Tak perlu khawatir, untuk menghidangkan es buah Krai khas Banyuwangi, ternyata tidaklah begitu rumit. Pasalnya minuman segar yang memiliki rasa lezat ini tak membutuhkan bahan yang beragam.

Hanya dengan buah Krai dan sirup saja anda bisa menikmati kesegaran yang dapat menuntaskan dahaga. Gabungan antara rasa manis dari sirup dengan kelezatan buah Krai segar dapat menciptakan perpaduan rasa yang begitu pas dan menggugah selera.

Namun, jika anda ingin mendapatkan sensasi kenikmatan lebih dari minuman yang satu ini, anda dapat menambahkan irisan jeruk nipis, jelly dan sedikit biji selasih. Juga tak lupa, es serut yang lembut dan padat pasti akan semakin menambah kesegaran dan kelezatan es buah Krai.

Menariknya, es buah Krai khas Banyuwangi tidak hanya menyegarkan tenggorokan setelah seharian berpuasa, tetapi juga memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk memulihkan tenaga setelah seharian menahan dahaga.

Es buah krai bukan hanya minuman biasa, tetapi juga merupakan bagian dari warisan budaya Banyuwangi. Selama bulan Ramadan, minuman ini menjadi bagian penting dari tradisi berbuka puasa di daerah yang berada di ujung timur Pulau Jawa tersebut.

Dengan rasa yang lezat dan segarnya es buah Krai, memang pantas jika masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya menobatkannya menjadi salah satu takjil primadona.

Jadi, jika Anda berada di Kabupaten Banyuwangi selama Ramadan, jangan lewatkan untuk mencicipi es buah Krai khas Banyuwangi sebagai takjil berbuka puasa Anda. Minuman ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan dan rasa yang tak terlupakan. Selamat mencoba!. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.