Gaya Hidup

5 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa untuk Kesehatan

Jumat, 16 Juli 2021 - 10:34
5 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa untuk Kesehatan Ilustrasi kelapa. (Foto: unsplash.com)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTAAir kelapa sudah menjadi seperti pilihan minuman yang sangat cocok untuk dikosumsi saat cuaca panas. Air kelapa yang rasanya sangat menyegarkan menjadi pilihan banyak orang untuk melepas dahaga.

Air kelapa sendiri selain bisa menghilangkan rasa haus, ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Air kelapa sendiri bisa menyehatkan karena di dalam 1 cangkir atau setara dengan 240 ml air kelapa murni, mengandung 46 kalori dan berbagai macam nutrisi.

Nutrisi yang dimiliki oleh air kelapa sendiri sangatlah banyak mulai dari karbohidrat, serat, protein, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, dan antioksidan.

Nah melansir dari berbagai macam sumber, kali ini TIMES Indonesia akan berbagi 5 manfaat mengonsumsi air kelapa untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah dehidrasi

Air kelapa sangatlah sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh serta dapat mengatasi dehidrasi ringan.

Namun jangan salah juga, kalian harus tetap selalu minum air putih setidaknya sekitar 8 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi.

2. Meningkatkan stamina

Selain memberikan efek yang menyegarkan, air kelapa ternyata dapat meningkatkan stamina tubuh.

Hal ini terjadi karena kandungan karbohidrat yang ada di dalam air kelapa, sehingga dapat diolah oleh tubuh kita untuk menjadi energi. Hal ini dapat bisa membuat kalian lebih bersemangat dalam aktivitas keseharian kalian.

3. Mencegah batu ginjal

Ada sebuah studi yang menyatakan bahwa air kelapa bisa mencegah penumpukan kristal yang menempel di ginjal serta bagian lain dari saluran kemih.

Oleh sebab itu air kelapa juga dipercaya efektif dalam masalah mencegah batu ginjal.

4. Menjaga antibodi

Selain mencegah batu ginjal, air kelapa bisa menjaga antibodi tubuh kita, air kelapa sendiri mengandung berbagai macam antioksidan yang bisa melindungi tubuh kita dari paparan radikal.

Namun perlu diketahui bahwa penelitian ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

5. Menurunkan tekanan darah

Selain menjaga antibodi, air kelapa juga diduga sangatlah baik untuk menurunkan serta mengontrol tekanan darah.

Hal ini terjadi karena air kelapa sendiri mengandung kalium yang berfungsi dapat menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Nah, barusan adalah 5 manfaat mengonsumsi air kelapa untuk kesehatan tubuh kita, yuk mari jaga kesehatan kita di masa pandemi Covid-19 ini. (*)

Pewarta : Zeinel Arfin Sadiq (MG-351)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.