Gaya Hidup

Batik Rolla Khas Jember, Berdaya Saing Global Tanpa Meninggalkan Sentuhan Lokal

Senin, 11 Oktober 2021 - 20:16
Batik Rolla Khas Jember, Berdaya Saing Global Tanpa Meninggalkan Sentuhan Lokal Batik Rolla yang diproduksi dengan sentuhan lokal, daun tembakau dipilih sebagai identitas kota Jember. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, JEMBER – Setiap daerah memiliki motif batik yang berbeda sesuai dengan simbol kearifan lokal masing-masing. Seperti halnya Batik Rolla, batik asal Jember yang memiliki motif tembakau dan banyak dikenal masyarakat luas sehingga mencerminkan lokalitas. 

Batik sendiri sebagai sebuah trend fashion saat ini telah diterima berbagai kalangan. Yang semula hanya menjamah kalangan usia dewasa dan identik dengan pakaian formal, kini, batik sudah bisa diterima kalangan anak muda dengan pengaplikasian yang jauh lebih bervariasi. 

"Kami berusaha untuk bersaing global tetapi tidak meninggalkan sentuhan lokal. Sehingga batik kami dibuat oleh tangan-tangan lokal yang terampil. Batik kami juga menggunakan bahan yang memiliki kualitas terbaik dan tetap terjangkau," terang Andriana Okta Fara Diba, owner Batik Rolla. 

Batik Rolla Khas Jember 2Produk Batik Rolla, Previlese Tembakau White Batik Blazer. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

Batik Rolla menawarkan motif yang tidak pasaran, membuat konsumen tampil berbeda dari biasanya. Karena prinsip yang dipegang Batik Rolla adalah menjadi produsen batik berkualitas, memiliki daya saing tinggi hingga skala international dan nasional, serta menjadi perusahaan yang selalu inovatif dan mampu bertahan dalam kondisi apapun.

"Di samping itu kami juga memfasilitasi keinginan konsumen untuk customize konsep batiknya sendiri," lanjutnya. 

Beralamat di Jl. Mawar, No. 75, Jember, Batik Rolla memiliki delapan varian produk, mulai dari simpel dress, blouse, hingga blazer yang semuanya terbuat dari batik. 

"Di Batik Rolla produknya ada Previlese Tembakau White Batik Blouse, Previlese Tembakau Red Batik Blouse, Previlese Tembakau Red Batik Blazer, Previlese Tembakau R&W Batik Blouse, Previlese Tembakau Red Simpel Dresses, Previlese Tembakau White Simpel Dresses, Previlese Tembakau R&W Dresses, Previlese Tembakau Red Dresses," jelas owner Batik Rolla. 

"Semua produk Batik Rolla cocok dipadupadankan dengan gaya dan stelan apapun, selain itu juga cocok digunakan dalam acara formal maupun non formal," sambungnya. 

Dengan kualitas yang tidak diragukan lagi, Batik Rolla membandrol harga yang masih bisa dijangkau.  "Untuk harga kisaran diangka 600 ribu sampai 2 juta," pungkas owner Batik Rolla. 

Batik Rolla Khas Jember 3Produk Batik Rolla, Previlese Tembakau R&W Dresses. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

Batik Rolla mendapat kesempatan untuk memperkenalkan produknya secara lebih luas melalui acara, Jember Expo dengan tema Gerakan UMKM Beranjak Bangkit (GEBER UMKM) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI) Cabang Jember.

Kegiatan ini merupakan upaya BI guna mendorong penerapan digitalisasi dalam promosi produk UMKM yang difasilitasi dalam kegiatan temu bisnis (business matching).

Dalam kegiatan ini, Bank Indonesia memfasilitasi promosi produk UMKM binaan maupun mitra binaan yang telah terkurasi melalui e-catalogue dalam pameran virtual Jember Expo, termasuk Batik Rolla yang memproduksi batik khas Jember. (*)

Pewarta : Siti Nur Faizah (CR-561)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.