https://banyuwangi.times.co.id/
Gaya Hidup

Winner Puteri Kampus Riau 2024, Suci Nur Audya: Pendidikan Membentuk Karakter Penerus Bangsa

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:11
Winner Puteri Kampus Riau 2024, Suci Nur Audya: Pendidikan Membentuk Karakter Penerus Bangsa Winner Puteri Kampus Riau 2024, Suci Nur Audya. (FOTO: dok. pribadi)

TIMES BANYUWANGI, PEKANBARU – Winner Puteri Kampus Riau 2024, Suci Nur Audya, akrab dengan panggilan Suci, perempuan asal Kabupaten Pelalawan ini menuturkan bahwa pendidikan mampu membentuk karakter generasi muda penerus bangsa.

"Bagi saya pendidikan itu sangat penting, karena hal tersebut adalah investasi yang sangat berharga untuk masa depan individu dan masyarakat," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Minggu (21/07/2024).

Pemilik akun media sosial Instagram @sucinuraudya mengatakan bahwa pendidikan bisa membantu individu dalam mengembangkan keterampilan, berpikir kritis, kemampuan analitis, dan keterampilan sosial. Ini memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih baik dan hidup dengan lebih mandiri. 

Winner-Puteri-Kampus-Riau-2.jpg

"Seperti yang dikatakan oleh Dian Sastrowardoyo, ia menyatakan entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu bagi anak-anaknya kelak," terang Suci yang tengah menempuh pendidikan sebagai mahasiswi Kriminologi semester 3 di Universitas Islam Riau.

Menurutnya, bahwa pendidikan karakter bukan hanya di bangku sekolah atau kuliah saja, tetapi ada di luar itu seperti di rumah dan lingkungan masyarakat. Pendidikan membentuk karakter generasi muda tak hanya cerdas dari sisi akademik saja, melainkan tertanam dalam diri dengan memiliki kecerdasan emosional dan spiritual.

"Selain itu harus tahu rasa hormat, kualitas diri, sopan dan santun serta tanggung jawab. Artinya jangan sampai salah dalam membangun karakter demi kehidupan yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang banyak," imbuh Suci yang bekerja usaha papan bunga @yanchi_flow dan hobi make up.

Secara khusus dirinya berharap ke depannya, semoga bisa terus mengembangkan bakat dan advokasi yang dijalankan selama ini, menginspirasi generasi muda untuk terus maju, dan percaya dengan kemampuan yang ada dalam diri.

"Semoga di perjalanan menuju nasional di ajang pemilihan Putera Puteri Kampus Indonesia 2025 di Surabaya nanti saya bisa menjalankan semua proses tahapan dengan lancar dan membawa nama baik Provinsi Riau," harapnya.

Suci menegaskan bahwa yang bisa bertahan hidup adalah yang mampu beradaptasi. Ia mengajak untuk teman-teman semua agar jangan takut untuk mencoba hal baru, karena kita tidak pernah tahu hasilnya seperti apa.

"Percayalah bahwa keluar dari zona nyaman itu sangat menyenangkan walau awalnya butuh penyesuaian, tapi seiring berjalannya waktu kita akan belajar dan memahami banyak hal yang membuat pikiran lebih berkembang," tandasnya menutup penyampaian dengan penuh semangat. (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.