Ekonomi

NPI Triwulan IV 2023 Catat Surplus $8,6 Miliar

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:24
NPI Triwulan IV 2023 Catat Surplus $8,6 Miliar Bank Indonesia (BI) (Foto: idx)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTABank Indonesia (BI) melaporkan bahwa neraca pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan IV-2023 mencatat surplus sebesar 8,6 miliar dolar AS, mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang mencatat defisit sebesar 1,5 miliar dolar AS.

Menurut Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, surplus NPI tersebut didukung oleh meningkatnya surplus transaksi modal dan finansial, serta tetap rendahnya defisit transaksi berjalan. Transaksi berjalan pada triwulan tersebut mencatat defisit sebesar 1,3 miliar dolar AS, atau sekitar 0,4 persen dari produk domestik bruto (PDB), sedikit meningkat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

"Kinerja neraca pembayaran Indonesia pada triwulan IV-2023 membaik sehingga menopang ketahanan eksternal Indonesia," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Perbaikan permintaan dan harga komoditas global, di tengah peningkatan ekonomi domestik, turut mendukung defisit rendah dalam transaksi berjalan. Surplus neraca perdagangan barang yang meningkat, sejalan dengan kenaikan ekspor barang dan peningkatan impor barang pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan tahun baru, juga berkontribusi pada kinerja transaksi berjalan.

Selain itu, defisit neraca jasa dan neraca pendapatan primer juga tercatat lebih tinggi, sejalan dengan peningkatan aktivitas domestik dan pola pembayaran bunga pada periode laporan.

Di sisi lain, kinerja transaksi modal dan finansial meningkat seiring meredanya ketidakpastian pasar keuangan global. Transaksi modal dan finansial mencatat perbaikan signifikan, dari defisit 0,1 miliar dolar AS pada triwulan III-2023 menjadi surplus 9,8 miliar dolar AS pada triwulan IV-2023.

Investasi langsung tetap kuat dengan surplus yang relatif stabil, sejalan dengan optimisme investor terhadap prospek ekonomi dan iklim investasi domestik yang terjaga. Transaksi investasi lainnya juga mencatat surplus, didorong oleh penarikan pinjaman luar negeri pemerintah dan swasta.

Pewarta : Antara
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.