Ekonomi

Bupati Banyuwangi Terus Perkuat Ekonomi Perempuan Melalui Program Inovatif

Senin, 01 April 2024 - 10:16
Bupati Banyuwangi Terus Perkuat Ekonomi Perempuan Melalui Program Inovatif Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, saat menyambangi salah satu ibu di Kalipuro. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGIBupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, terus menunjukkan komitmennya untuk memajukan ekonomi perempuan di daerahnya melalui serangkaian program inovatif. Dengan fokus pada pemberdayaan ekonomi mandiri, Bupati Ipuk telah meluncurkan berbagai program yang bertujuan untuk memberikan dukungan kepada perempuan-pengusaha lokal, mulai dari bantuan UMKM hingga pelatihan gratis.

Bupati Ipuk menyampaikan bahwa pemberdayaan ekonomi perempuan merupakan salah satu prioritas utama dalam agenda pembangunan Banyuwangi.

"Perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi lokal. Melalui berbagai program, kami berusaha untuk memberikan mereka peluang dan dukungan yang mereka butuhkan untuk mencapai kesuksesan dalam dunia usaha," ujarnya dengan antusias, Senin (1/4/2024).

Salah satu program unggulan yang diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi adalah bantuan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dimiliki oleh Perempuan seperti Teman Usaha Rakyat dan Warung Naik Kelas. Program ini memberikan bantuan finansial dan pelatihan kepada para perempuan pelaku UMKM, sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas produk dan daya saing usaha mereka.

Selain itu, Bupati Ipuk juga menekankan pentingnya pendidikan dan pelatihan dalam membentuk kemandirian ekonomi perempuan.

"Kami menyediakan pelatihan gratis dalam berbagai bidang seperti manajemen bisnis, pemasaran, dan keterampilan, agar para perempuan dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola usaha mereka dengan lebih efektif," tambahnya.

Respons terhadap program-program yang dicanangkan oleh Bupati Ipuk sangat positif. Para perempuan-pengusaha di Banyuwangi merasa sangat terbantu dengan adanya dukungan dari pemerintah daerah.

"Saya merasa sangat beruntung bisa mendapatkan bantuan dan pelatihan. Ini membantu saya untuk mengembangkan usaha dan memberikan dampak positif bagi keluarga saya," ujar Sri Wahyuni, salah seorang peserta program.

Dengan terus memperkuat ekonomi perempuan melalui berbagai program inovatif, Bupati Ipuk Fiestiandani telah menunjukkan komitmennya untuk memajukan Banyuwangi menuju arah yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Semoga upaya-upaya yang dilakukan dapat terus memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya perempuan, di Kabupaten Banyuwangi. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.