TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Roxy Mall Banyuwangi mencatatkan prestasi gemilang dengan dinobatkan sebagai Merchant QRIS terbaik se-Jawa Timur (Jatim). Penghargaan ini diberikan oleh Bank Jatim sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya dalam mendorong digitalisasi transaksi keuangan.
Reward berupa kulkas showcase diserahkan langsung oleh Vice President Dana Jasa Bank Jatim, Yetty Fitria Suprapto, didampingi oleh Pemimpin Cabang Bank Jatim Banyuwangi, M. Anto Fachrudin, yang diwakili oleh Pemimpin Bidang Operasional, Erfin Kusuma Wardani.
“Selamat untuk Roxy Banyuwangi sudah menjadi merchant QRIS Bank Jatim dengan transaksi tertinggi se-Jatim. Penghargaan ini merupakan bagian dari inisiatif Bank Jatim dalam mendorong transformasi digital di seluruh sektor usaha,” kata Yetty, sapaan akrab Yetty Fitria Suprapto, Selasa (10/6/2025).
Dalam kesempatan tersebut, Yetty mencoba langsung pengalaman berbelanja di mall yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Penganjuran, Banyuwangi, itu. Ia memilih beberapa produk kebutuhan sehari-hari dan mencoba langsung pembayaran menggunakan QRIS Bank Jatim.
“Saya ingin merasakan langsung kemudahan transaksi digital yang telah diterapkan di sini. Terbukti dengan QRIS Bank Jatim, pembayaran menjadi lebih cepat, praktis, dan aman,” ujar Yetty setelah menyelesaikan transaksi.
Langkah Yetty tersebut sekaligus menjadi bentuk sosialisasi Bank Jatim dalam mendorong penggunaan QRIS di berbagai sektor usaha, memastikan bahwa digitalisasi keuangan dapat memberikan manfaat nyata bagi merchant dan pelanggan.
Sementara itu, Pemimpin Bidang Operasional Bank Jatim Banyuwangi, Erfin Kusuma Wardani, mengatakan bahwa program ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong digitalisasi ekonomi dan inklusi keuangan.
“Bank Jatim berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam memperluas akses transaksi digital, terutama bagi pelaku usaha. Dengan QRIS masyarakat lebih mudah dalam bertransaksi,” kata Erfin.
Dikatakan Erfin, penggunaan QRIS dalam transaksi memiliki berbagai keunggulan. Selain mudah digunakan, QRIS juga praktis dan efisien karena masyarakat tidak perlu membawa uang tunai ke mana-mana.
“Dengan sistem ini, transaksi menjadi lebih aman karena setiap pembayaran dilengkapi dengan verifikasi melalui PIN. Selain itu, QRIS juga membantu mengurangi risiko adanya uang palsu, karena seluruh transaksi dilakukan secara digital tanpa perlu uang tunai,” ujarnya.
Sebagai informasi, selain Roxy Mall Banyuwangi, Bank Jatim juga mencatat lima merchant terbaik lainnya yang berhasil meraih transaksi QRIS tertinggi. Merchant tersebut berada di Malang, Pasuruan, Kediri, Batu, dan Ponorogo.
Dengan pencapaian ini, Bank Jatim semakin menegaskan perannya dalam mendukung digitalisasi transaksi di berbagai sektor usaha.
Melalui QRIS, diharapkan semakin banyak merchant yang beralih ke sistem pembayaran digital, sehingga ekosistem ekonomi di Jawa Timur semakin berkembang dan inklusif. (*)
Pewarta | : Muhamad Ikromil Aufa |
Editor | : Ferry Agusta Satrio |