Ekonomi

Pasar Takjil Ramadan 2023 Banyuwangi Bakal Jadi Momentum Peningkatan Ekonomi

Senin, 20 Maret 2023 - 20:10
Pasar Takjil Ramadan 2023 Banyuwangi Bakal Jadi Momentum Peningkatan Ekonomi Salah satu pasar takjil ramadan di Banyuwangi. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Sebelum bulan Ramadan 2023 tiba, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, memberi instruksi kepada seluruh camat, puskesmas, dan dinas terkait untuk mendukung dan memfasilitasi pasar takjil yang sering digelar di dusun dan desa.

Ipuk berpendapat bahwa keberadaan pasar takjil dapat membantu meningkatkan perekonomian

“Bulan Ramadan 2023 sebentar lagi. Ini momentum untuk menggeliatkan perekonomian khususnya di sektor kuliner. Selama ini Pasar Takjil Ramadan terbukti bisa mendukung pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi,” katanya.

Ipuk meminta agar camat memberikan ruang bagi warga untuk berkreasi dengan pasar takjil dan meminta dukungan dan fasilitas dari dinas terkait untuk membuka ruang peningkatan ekonomi saat bulan Ramadan 2023 nanti.

“Tolong kepada Camat dan kepala desa jangan dipersulit. Atur dengan baik," tambah Ipuk. 

Laboratorium Kesehatan Daerah (labkesda) juga diminta untuk turun memeriksa keamanan pangan di berbagai lokasi pasar takjil Ramadan.

“Camat harus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk membantu higienitas produk yang dijual. Turun bantu UMKM agar makanan-minuman yang dijual saat pasar takjil semakin higienis. Perhatikan kualitas bahan, proses pengolahan, hingga penyajian harus diperhatikan. Pastikan kuliner yang dijual sehat dan aman,” papar Ipuk.

Ipuk berpendapat bahwa pasar takjil dapat membantu menggeliatkan UMKM dan produk rumahan Banyuwangi. Oleh karena itu, dia meminta agar produk yang dijajakan adalah produk lokal UMKM atau produk rumahan Banyuwangi.

”Utamakan yang berjualan di pasar takjil adalah orang-orang Banyuwangi. Biasanya di jalan-jalan strategis saat Ramadan banyak sekali pedagang musiman dari luar kota yang datang. Bukan menghalangi orang berjualan, tapi harus utamakan warga Banyuwangi karena ini momen penting meningkatkan ekonomi warga,” jelas Ipuk.

Selain itu Ipuk juga meminta agar pengaturan tempat untuk pasar takjil saat Ramadan 2023 nanti dikoordinasikan dengan baik agar tidak menimbulkan kemacetan. ”Biasanya memang di titik-titik tertentu saat ada Pasar Takjil menimbulkan kemacetan. Saya minta diatur yang baik. Macet sedikit wajar, tapi jangan sampai kemacetannya dalam tahap yang mengganggu banyak orang,” ujarnya. (*)

Pewarta : Laila Yasmin
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.