https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Menuju Banyuwangi Merdeka Covid-19, Dinas Pariwisata Gencar Vaksinasi Wisatawan

Jumat, 24 September 2021 - 15:27
Menuju Banyuwangi Merdeka Covid-19, Dinas Pariwisata Gencar Vaksinasi Wisatawan Vaksinasi di tempat wisata di Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi secara masal. Untuk menciptakan Banyuwangi herd immunity, maka 70 persen dari total penduduk di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, ini harus sudah mendapatkan vaksinasi.

Agar target kekebalan bersama ini bisa diperoleh secepatnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi menggelar vaksinasi di seluruh tujuan wisata.

"Saat ini Pemkab bersama teman-teman pengelola wisata berkomitmen agar Banyuwangi segera mencapai herd immunity. Maka, vaksinasi di destinasi wisata juga masif dilakukan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M.Y Bramuda, Jumat (24/9/2021).

Dalam pelaksanaan vaksinasi di wisata ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bekerjasama dengan Dinas Kesehatan. Dalam hal ini adalah Pukesmas di lokasi sekitar wisata.

"Karena sejatinya tempat wisata adalah tempat yang cocok bagi masyarakat yang belum divaksin. Sejuk, diruang bebas dan langsung menghirup udara segar. Setelah selesai vaksin, sudah bisa langsung berwisata," kata Bramuda.

Soal strategi membangkitkan ekonomi wisata, menurut Bramuda konsep yang diusung Dinas Pariwisata Banyuwangi saat ini bukanlah full tourism. Dirinya mewajibkan seluruh destinasi wisata untuk mengedepankan kualitas dibandingkan kapasitas.

"Tidak lagi full tourism, tetapi konsepnya kualitas tourism bukannya kuantitas. Jadi tidak bisa menarik wisatawan sebanyak-banyaknya," kata Bramuda.

Untuk mencapai kuantitas tourism ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menekankan agar pengelola wisata memberlakukan penerapan protokol 5M yang super ketat.

Selain itu, pengelola wisata wajib mengkampanyekan agar masyarakat mau melakukan vaksinasi sampai tuntas serta mentaati aturan-aturan penanggulangan wabah Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan jika vaksinasi di tempat wisata ini sudah dilakukan sejak beberapa pekan lalu. Ini merupakan salah satu cara percepatan vaksinasi yang dilakukan Pemkab Banyuwangi.

"Untuk detailnya langsung ditangani oleh Pukesmas dan Satgas Kecamatan dan Desa," kata dr Rio.

Dia mencontohkan, pelaksanaan vaksinasi di Pantai Asmara. Seluruh peserta diberikan tempat antrean yang berjarak dan tertib bermasker. Karena lokasinya diluar ruangan, baik wisatawan maupun vaksinator bisa memiliki kenyamanan tersendiri.

"Itu bagus banget pelaksanaannya. Sasaran vaksinasi maupun tenaga vaksinator-nya bisa nyaman karena lokasinya di tempat terbuka dan sejuk," katanya.

Secara terpisah, Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto mengapresiasi inovasi vaksinasi di tempat wisata ini. Dia optimistis, jika kolaborasi yang apik ini dapat menyegerakan terbentuknya herd immunity.

Dandim 0825 Banyuwangi berpesan agar Babinsa atau Bhabinkamtibmas mengawasi pelaksanaan vaksinasi. Agar tertib dan tidak terjadi kerumunan yang menyebabkan rawan penularan Covid-19.

"Vaksinasi di tempat wisata ini baik dan bagus. Secepatnya semoga herd immunity ini segera terbentuk. Jangan lupa, pelaksanaan yang baik harus disertai teknisnya yang baik juga. Jaga jarak, sesuai antrean dan jangan sampai berkerumun," pesan Dandim 0825 Banyuwangi tersebut. (*)

Pewarta : Agung Sedana
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.