https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Dua Paslon Pilkada 2024 Banyuwangi Rampungkan Tes Kesehatan dan Rohani

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 23:05
Dua Paslon Pilkada 2024 Banyuwangi Rampungkan Tes Kesehatan dan Rohani Cabup Cawabup Pilkada 2024 Banyuwangi saat konferensi pers usai melaksanakan cek rinkes. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia).

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Dua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi untuk Pilkada 2024, yakni Ipuk Fiestiandani-Mujiono dan KH Muhammad Ali Makki Zaini alias Gus Makki-Ali Ruchi, telah resmi menyelesaikan seluruh tahapan tes kesehatan dan rohani di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang, pada Sabtu, (31/8/2024).

Proses pemeriksaan kesehatan yang digeber selama dua hari mulai tanggal 30 sampai 31 Agustus 2024 ini menandai salah satu tahapan krusial dalam proses seleksi calon pemimpin daerah. Tes yang mencakup kesehatan jasmani, rohani, serta pemeriksaan penyalahgunaan narkoba, menjadi syarat utama bagi paslon untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Ketua KPU Banyuwangi, Dian Purnawan mengatakan  pengumuman hasil penelitian administrasi sesuai tahapan berlaku dua hari mulai tanggal 5 sampai 6 September 2024.

Selanjutnya, KPU Banyuwangi melakukan penelitian administrasi masing-masing paslon sekaligus berkas dokumen fisik maupun softcopy di Silonkada sebagai bukti saat mendaftar.

"Nantinya syarat administrasi itu diakumulasikan dengan hasil pemeriksaan kesehatan di RS Saiful Anwar Malang," kata Dian.

Namun, apabila terdapat syarat administrasi yang kurang maupun absah maka KPU Banyuwangi memberikan tenggat waktu untuk melakukan perbaikan.

"Jika ada yang kurang maka KPU Banyuwangi tetap memberikan waktu selama 3 hari untuk masa perbaikan," tegasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Teknis, Anang Lukman Afandi, menambahkan, hasil pemeriksaan kesehatan dua pasangan calon ini akan berbunyi mampu atau tidak mampu.

"Hasil pemeriksaan kesehatan ini yang pertama mampu atau tidak mampu terkait kesehatan jasmani dan rohani. Khusus penyalahgunaan narkoba statusnya terindikasi menggunakan narkoba atau tidak," ujar Anang.

Sembari menunggu hasil pemeriksaan kesehatan turun maka KPU Banyuwangi akan melakukan tahapan penelitian administrasi yang nanti hasilnya akan diumumkan pada 6 September 2024.

"KPU Banyuwangi akan intens berkoordinasi dengan RS Saiful Anwar Malang dalam rangka menunggu hasil pemeriksaan kesehatan atau rinkes itu secara menyeluruh," terangnya.

Selama menjalani rinkes di RS Saiful Anwar Malang dua pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada Serentak 2024 terjalin suasana keakraban yang hangat.

"Saat ini para paslon telah meninggalkan RS Saiful Anwar untuk bertolak Menuju kediaman masing - masing di Banyuwangi," imbuhnya.

Setelah penelitian administrasi dan pengumuman hasil penelitiannya diumumkan plus tambahan tiga hari waktu perbaikan berkas, selanjutnya KPU Banyuwangi akan menetapkan paslon di Pilkada Serentak 2024 pada 22 September 2024 dan dilanjutkan pengundian nomor urut selang sehari kemudian. (*)

Pewarta : Fazar Dimas Priyatna
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.