Berita

HPN 2023, PWI Banyuwangi Tekankan Pentingnya Tanggung Jawab dan Kode Etik Jurnalistik

Kamis, 09 Februari 2023 - 19:22
HPN 2023, PWI Banyuwangi Tekankan Pentingnya Tanggung Jawab dan Kode Etik Jurnalistik PWI Banyuwangi menggelar acara tasyakuran untuk memperingati Hari Pers Nasional Tahun 2023. (FOTO: Ahmad Sahroni/ TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Momen Hari Pers Nasional atau HPN 2023, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Banyuwangi, Saifuddin Mahmud, mengajak semua insan pers untuk selalu menggunakan prinsip-prinsip kode etik jurnalistik dalam membuat dan menyajikan berita.

"Kode etik Jurnalistik merupakan landasan dasar dan pedoman dalam menjalani profesi sebagai insan pers," kata Aif, sapaan akrab Ketua PWI Banyuwangi, Kamis (9/2/2023).

Sesuai dengan tema yang diusung HPN 2023 'Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat', lanjut Aif, untuk menjamin kemerdekaan pers, kode etik merupakan landasan dasar agar dalam menjalani profesi wartawan bisa menjaga kepercayaan publik, menegakkan integritas dan profesionalisme.

PWI-Banyuwangi-2.jpgPWI Banyuwangi menggelar acara tasyakuran untuk memperingati Hari Pers Nasional Tahun 2023. (FOTO: Ahmad Sahroni/ TIMES Indonesia)

"Peran media dari dulu hingga sekarang sangat penting. Runtuhnya suatu tokoh karena media, suksesnya daerah dan tokoh juga karena media," jelas Aif.

Untuk itulah pentingnya memegang teguh landasan dan etika profesi. Media sejak awal telah berkontribusi besar dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan, menyuarakan inovasi-inovasi pembangunan, dan menjadi penopang utama demokrasi. Maka pers harus menyajikan berita yang membangun.

PWI-Banyuwangi-3.jpgPWI Banyuwangi menggelar acara tasyakuran untuk memperingati Hari Pers Nasional Tahun 2023. (FOTO: Ahmad Sahroni/ TIMES Indonesia)

"Saya berharap segenap insan pers terkhusus wartawan yang tergabung di PWI Banyuwangi, bisa menyajikan berita yang menyejukkan untuk masyarakat," harapnya. 

Aif menambahkan, dengan berkembangnya zaman dan gencarnya digitalisasi media, pihaknya menyakini karya jurnalistik wartawan di PWI Banyuwangi bisa dipertanggungjawabkan  secara hukum. Sebab, wartawan yang tergabung seluruhnya telah berkompeten dalam menjalankan prosefesi sebagai wartawan.

"Ini sungguh membanggakan, teman-teman yang tergabung dalam PWI sudah 100 persen menyandang uji kompetensi," ungkapnya.

PWI Banyuwangi dalam memperingati hari pers secara sederhana, meskipun sederhana namun pelaksanaan dan tujuan tidak mengurangi semangat dan tekad semua anggota untuk menjadi insan pers yang bebas dan bermartabat. Sehingga dengan tekad dan semangat untuk membangun pers lebih maju, juga perlu bersinergi dengan semua stakeholder, untuk mewujudkan Banyuwangi yang lebih baik.

"Mari kita bersama-sama, membangun Banyuwangi ke depan tetap aman, Banyuwangi menjadi jujukan banyak orang terutama terkait UMKM dan Pariwisatanya," pungkas Ketua PWI Banyuwangi, Saifuddin Mahmud.

Untuk informasi, PWI Banyuwangi dalam memperingati HPN 2023 dilaksanakan di halaman kantor PWI Banyuwangi yang berada di komplek RTH Blambangan tersebut, dihadiri oleh semua anggota dan tamu undangan antara lain, Kepala Lapas Kelas IIA Banyuwangi,  Wahyu Indarto, Kasi Humas Polresta Banyuwangi, Iptu Agus Winarno. Kapolsek Banyuwangi, AKP Kusmin, perwakilan dari Kodim 0825 Banyuwangi, perwakilan Lanal Banyuwangi dan perwakilan dari pemerintah Kabupaten Banyuwangi. (*)

Pewarta : Ahmad Sahroni (MG-431)
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.