https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Malam Mingguan Bareng Pemuda, Ini Cara Satgas TMMD 111 Banyuwangi Bangun SDM

Sabtu, 19 Juni 2021 - 21:51
Malam Mingguan Bareng Pemuda, Ini Cara Satgas TMMD 111 Banyuwangi Bangun SDM Danramil Srono, Kapten Inf Mustohir saat memberikan arahan kepada para pemuda Desa Kebaman (FOTO: Rizki Alfian/ TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa atau TMMD 111 Banyuwangi tidak hanya ahli membangun fisik infrastruktur saja, namun juga mahir dalam pembinaan moral masyarakatnya.

Hal itu bisa terlihat pada Sabtu (19/6/2021) malam. Bertempat di pendopo Balai Desa Kebaman, para anggota berbaju loreng tersebut nampak membaur bersama para pemuda setempat.

Malam minggu yang biasanya digunakan untuk kongkow-kongkow bersama, dimanfaatkan untuk gesah bareng tentang kepemudaan. Mulai wawasan kebangsaan, bela negara hingga bahaya narkoba.

Danramil Srono, Kapten Inf Mustohir mengaku sengaja memilih malam minggu untuk jadi waktu berkumpul karena dinilai tepat.

Mustohir-2.jpg

"Ketimbang dimanfaatkan untuk hura-hura, lebih baik kita saling curhat tentang kepemudaan, kan lebih bermanfaat," kata Mustohir yang juga pengawas Satgas TMMD 111 Banyuwangi, Sabtu (19/6/2021) malam.

Dalam gesah bareng tersebut, Satgas TMMD 111 Banyuwangi mengingatkan pentingnya wawasan kebangsaan bagi para pemuda.

Di era saat ini, kata Mustohir, bela negara tidak harus dengan mengangkat senjata. Melainkan cukup dengan membangun lingkungan sekitar.

"Berorganisasi atau berkegiatan itu sudah cukup. Jadi tidak harus berperang seperti jaman dulu," ungkap Mustohir.

Mustohir mengingatkan agar bukan hanya hafal tentang butir Pancasila. Namun juga dapat mengamalkannya.

"Makannya hati-hati betul, apalagi hari ini media sosial begitu masif. Paham radikalisme yang dapat memecah belah bangsa harus dicegah," tegasnya.

Sementara itu materi penyuluhan narkoba diisi oleh jajaran kepolisian yang disampaikan oleh Kanit Reskrim Polsek Srono IPTU Arif Mulyono.

"Sudah pasti kalau kenal namanya narkoba maka siap-siap akan dicengkram. Selain tidak baik bagi kesehatan juga merusak masa depan," ujarnya.

Acara nampak gayeng dan hidup, para pemuda yang hadir saling tukar pendapat dan lempar pertanyaan seputar materi yang disampaikan oleh narasumber.

Untuk diketahui, kegiatan gesah bareng tersebut diikuti oleh sedikitnya 50 orang dari perwakilan pemuda karang taruna se Desa Kebaman. Mereka dikumpulkan di balai desa untuk diberikan pengarahan dari Satgas TMMD 111 Banyuwangi(*)

Pewarta : Rizki Alfian
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.