Berita

Kades Sumberagung Ajak Masyarakat Dukung Pelaku Investasi di Banyuwangi

Jumat, 10 Februari 2023 - 17:49
Kades Sumberagung Ajak Masyarakat Dukung Pelaku Investasi di Banyuwangi Kepala Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Vivin Agustin, saat menemui puluhan warga Dusun Silirbaru, yang menamakan diri ‘Warga Peduli Sumberagung Kondusif’. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Vivin Agustin, Kepala Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, ajak masyarakat untuk mendukung pelaku investasi. Pernyataan tersebut disampaikan saat puluhan warga Dusun Silirbaru, yang menamakan diri ‘Warga Peduli Sumberagung Kondusif’, datang ke kantor desa setempat, Jumat (10/2/2023).

“Investasi adalah program pemerintah. Sebagai masyarakat yang baik, sudah selayaknya kita mendukung investasi,” kata Vivin Agustin.

Kehadiran warga yang dimotori oleh Moh Imam Choirudin, Sutrisno, Dadang dan Ali Mustofa ke Kantor Desa Sumberagung, untuk meminta informasi tentang penandatanganan kerjasama antara pemerintah desa dengan PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Kerja sama tersebut ditandatangani oleh 5 desa di Kecamatan Pesanggaran di Kokoon Hotel Banyuwangi, pada Senin, 19 Desember 2022 lalu.

Kades Vivin membeberkan tentang latar belakang dilakukannya penandatangan kesepakatan kerja bersama dengan pihak PT BSI. Yakni sebagai salah satu bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat sekitar perusahaan. Guna memastikan warga benar-benar mendapatkan manfaat atas keberadaana pelaku investasi di wilayahnya.

“Jadi di situ terdapat hak dan kewajiban yang menjadi komitmen bersama,” ungkapnya.

Pelaksanaan MoU,  kata Vivin, adalah bukti komitmen pemerintah desa dalam memperjuangkan hak guna mendorong kesejahteraan masyarakat. Dan kerja sama dengan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, bukan hanya dilakukan oleh Pemerintah Desa Sumberagung saja. Namun juga dilakoni 4 desa di Kecamatan Pesanggaran. Meliputi Desa Sarongan, Kandangan, Pesanggaran dan Sumbermulyo.

Meyakinkan warga, Vivin juga menjelaskan bahwa PT BSI, yang merupakan pelaku investasi sektor pertambangan emas, telah mengantongi izin resmi dari pemerintah.

Perwakilan warga Dusun Silirbaru, Imam Choirudin, berharap agar perihal kerjasama dengan PT BSI bisa dijelaskan gamblang. Dengan begitu, dia bersama warga lain bisa ikut bersinergi dalam pelaksanaan program-program Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat (PPM) PT BSI.

“Agar kami lebih paham dan bisa ikut bersinergi,” katanya.

Pertemuan warga Dusun Silirbaru, yang menamakan diri ‘Warga Peduli Sumberagung Kondusif’ dengan Kades Sumberagung, Vivin Agustin ini turut disaksikan oleh jajaran Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Bhabinkamtibmas, Babinsa dan perwakilan Forpimka Pesanggaran.

Seperti diketahui, wilayah Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, merupakan lokasi investasi PT BSI, selaku pemegang izin Usaha Pertambangan Operasi Prodüksi (IUP OP) Emas dan Mineral Pengikutnya, Nomor 188/547/KEP/429.011/2012.

Anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk tersebut juga telah dinyatakan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) sesuai Kepmen ESDM Nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini operasi prodüksi di Deşa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Sebagai pelaku investasi, PT BSI memang terus menancapkan komitmennya kepada masyarakat. Program PPM atau yang biasa disebut Corporate Social Responsibility (CSR) terus digelontorkan dengan menyasar empat sektor, yakni pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastuktur, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Maka jangan heran, meski Desa Sumberagung berada didaerah pinggiran, pembangunan infrastuktur dan kesejahteraan masyarakat setempat terus mengalami peningkatan. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.