Berita

Angkat Tema Ndaru Deso, BEC 2024 Bakal Jadi Pintu Kebangkitan Desa di Banyuwangi

Rabu, 21 Februari 2024 - 18:33
Angkat Tema Ndaru Deso, BEC 2024 Bakal Jadi Pintu Kebangkitan Desa di Banyuwangi Proses seleksi peserta BEC 2024 di Balai Desa Rogojampi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGIKabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, telah menjadi pusat sorotan setiap tahun berkat Banyuwangi Ethno Carnival (BEC). Tahun ini, BEC 2024 mempersembahkan tema yang mendalam: ‘Ndaru Deso’, sebuah panggilan untuk kebangkitan desa yang kaya akan budaya dan kehidupan yang selaras dengan alam.

Pada tanggal 9 hingga 14 Juli 2024, BEC akan menghidupkan pesona ‘Ndaru Deso’ selama enam hari penuh. Tema ini mempersembahkan semangat kebangkitan desa, mengangkat warisan budaya dan kualitas hidup yang harmonis dengan alam.

Sejak tahun 2022, BEC telah memukau dengan tema beragam, mulai dari ‘The Diversity of Banyuwangi Culture’ yang mengungkapkan kekayaan budaya berbagai suku atau etnis di Bumi Blambangan, hingga ‘The Magic of Ijen Geopark’ yang menyoroti pesona alam Ijen Geopark, seperti kawah Ijen, Pulau Merah, dan Sukamade.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Ainur Rofik, menjelaskan bahwa pemilihan tema ‘Ndaru Deso’ di BEC 2024 didasarkan pada keinginan untuk mengeksplorasi potensi budaya, adat, tradisi, bahkan kekayaan alam yang dimiliki oleh desa-desa di kabupaten tersebut.

"Dengan tema tersebut, diharapkan dapat menggali potensi-potensi baik dari segi budaya, adat, tradisi, bahkan kekayaan alam yang ada di desa se kabupaten yang terletak diujung timur pulau Jawa,” kata Rofiq.

Selain menjadi ajang untuk mempromosikan budaya dan potensi desa, BEC 2024 juga menjadi sarana untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap desa dan memperkenalkan potensi yang ada di desa kepada khalayak luas.

Proses seleksi peserta BEC dibagi menjadi lima zona, memudahkan para calon talent untuk menampilkan bakat dan kreativitas mereka dalam catwalk, kostum, dan penampilan panggung. Proses seleksi tersebut menarik partisipasi dari masyarakat dengan jumlah peserta yang tinggi, mencerminkan semangat dan antusiasme warga Bumi Blambangan untuk turut serta dalam memeriahkan acara parade busana.

Bagi mereka yang tertarik menjadi bagian dari kebangkitan desa melalui Banyuwangi Ethno Carnival 2024, dapat mendaftarkan diri dan menyaksikan kemeriahan BEC di berbagai zona di Banyuwangi. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran peserta dapat diakses melalui tautan di sini, atau hubungi Dimas di 085258780281.

Pewarta : Fazar Dimas Priyatna
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.