Berita

Kementerian ESDM Melalui PT BSI Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa

Sabtu, 17 April 2021 - 18:03
Kementerian ESDM Melalui PT BSI Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Penyaluran bantuan oleh Kementerian ESDM RI. (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) membentuk sebuah tim siaga bencana guna membantu penanggulangan bencana gempa bumi di Malang dan Lumajang, Jawa Timur.

Tim tersebut mengirimkan bantuan berupa sembako, seperti beras, minyak, gula, sarden, dan kornet. Selain itu juga menyalurkan kebutuhan wanita, kebutuhan bayi dan peralatan mandi, seperti sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan sampo.

Tidak ketinggalan, tim juga mengirimkan terpal, selimut, dan tikar untuk masyarakat terdampak bencana alam gempa bumi.

Sebagai salah satu perusahaan mineral yang beroperasi di Jawa Timur, PT Bumi Suksesindo (PT BSI) pun turut membantu penyediaan barang-barang yang diperbantukan.

“Ini merupakan wujud kepedulian Bumi Suksesindo terhadap permasalahan kemanusiaan,” kata Direktur PT Bumi Suksesindo, Boyke Abidin, kepada TIMES Indonesia.

Prosesi serah terima bantuan ini berlangsung di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malang dan Lumajang pada Sabtu (17/4/2021).

Tampak hadir dalam serah terima tiga petugas Inspektur Tambang Kementerian ESDM, perwakilan PT BSI, dan perwakilan BPBD dari kabupaten masing-masing.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat terdampak. ESDM selalu siap membantu,” ungkap Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Dr. Lana Saria, yang juga selaku Ketua Bidang Penyelamatan ESDM Siaga Bencana.

Sebagai informasi, gempa yang berpusat di Malang (10/4/2021) menyebabkan ribuan rumah dan fasilitas umum di Malang dan Lumajang rusak. Bahkan, 8 orang dikabarkan meninggal dan 100 lebih terluka.

Tim siaga bencana ESDM memilih barang-barang tersebut di atas untuk diserahkan karena menilai saat ini masyarakat terdampak sangat membutuhkannya.

Boyke menambahkan bahwa perusahaannya bukan kali ini saja terlibat dalam tim siaga bencana ESDM untuk membantu korban bencana.

“Untuk bencana yang besar, BSI mengirimkan tim tanggap darurat (ERT) ke beberapa daerah di tanah air. Di sana, ERT bergabung dengan perusahaan-perusahaan lain di bawah koordinasi ESDM,” ujarnya.

Tim tanggap darurat PT. BSI pernah dikirim ke Aceh untuk membantu proses evakuasi korban gempa 2016. Mereka juga pernah dikirim ke Lombok, Palu, dan terakhir di Pandeglang, Banten.

Bukan hanya itu, selama banjir bandang di Alasmalang, Singojuruh, Banyuwangi pada 2018, hampir satu bulan, ERT dan karyawan PT BSI bahu-membahu dengan relawan lain di Banyuwangi membersihkan lumpur yang menggenangi perkampungan, masuk ke rumah-rumah warga. (*)

Pewarta : Rizki Alfian
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.