https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Nelayan Blimbingsari Banyuwangi Mengaku Cinta Mati pada Duet Ipuk-Mujiono

Selasa, 01 Oktober 2024 - 16:55
Nelayan Blimbingsari Banyuwangi Mengaku Cinta Mati pada Duet Ipuk-Mujiono Cabup nomor urut 1 Pilkada Banyuwangi, Ipuk, saat bertemu nelayan Blimbingsari. (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Bicara pilihan, memang erat kaitan dengan perasaan dan hati. Setidaknya itulah yang terlontar dari kalangan nelayan Blimbingsari, pada Pilkada Banyuwangi 2024.

Ya, mereka yang tergabung dalam paguyuban Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Bilimbingsari, di Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari, dengan kompak berikrar sudah cinta mati pada duet Cabup Cawabup nomor urut 1, Ipuk-Mujiono.

Pernyataan sikap tak terduga itu terungkap saat Cabup Ipuk, menghadiri pertemuan para nelayan yang digelar di pinggiran Muara Bomo, Selasa (1/10/2024). Makin mencengangkan, masyarakat tak sedikit pun bergeming, ketika gerimis jatuh dari langit membasahi.

Kemungkinan, para nelayan bersama istri merasa kaget dan takjub. Ipuk yang selama ini mereka kenal sebagai Bupati Banyuwangi, ternyata sosok yang sederhana. Bahkan, terlihat sangat gayeng dan membaur, meski harus duduk lesehan beralas terpal.

“Bu Ipuk sangat merakyat ya. Orangnya cantik, ramah dan baik,” suara celetuk dari kerumunan nelayan.

Koordinator paguyuban KUB nelayan Blimbingsari, Aan Mutowif, mengungkapkan bahwa dalam pertemuan terdapat sebelas kelompok nelayan yang hadir. Semua perwakilan dari kelompok nelayan di kecamatan Blimbingsari datang.

“Ini menunjukkan besarnya dukungan kepada Bu Ipuk. Kami konsisten mendukung Bu Ipuk karena sudah merasakan program-program untuk para nelayan,” kata Towif yang juga Ketua Pokmaswas Benteng Samudra Bomo.

“Karena itu kami mendukung pasangan Ipuk-Mujiono, agar program-program itu terus dilanjutkan dan ditingkatkan,” imbuhnya.

Selama memimpin Banyuwangi, masih Towif, banyak program yang telah dirasakan manfaatnya. Seperti bantuan alat serta pelatihan-pelatihan. Tidak hanya bagi nelayan namun juga bagi para istri, utamanya pelatihan diversifikasi pangan hasil tangkapan. Dia mengakui, program-program tersebut telah membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan.

“Berkat pelatihan-pelatihan itu kini nelayan lebih pintar dalam melihat peluang usaha. Sekarang kami tidak hanya menjual ikan dan hasil laut lainnya, tapi juga hasil olahan yang punya nilai jual lebih tinggi,” cetusnya.

Karena itu, dukungan kepada Cabup Cawabup nomor urut 1 Pilkada Banyuwangi, Ipuk-Mujiono, merupakan pilihan terbaik. Bukan hanya bagi para nelayan, tapi untuk selueuh elemen masyarakat Bumi Blambangan.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh nelayan lainnya, Miswo. Dia berharap agar Ipuk bisa kembali terpilih lagi menjadi Bupati Banyuwangi.

“Pelatihan itu sangat kami rasakan manfaatnya. Karena itu kami dukung Bu Ipuk, dan apabila terpilih lagi saya harap agar program-program lebih ditingkatkan lagi. Misalnya memfasilitasi ke akses permodalan, dan memperluas pasar agar produk kami bisa lebih meningkat,” kata Miswo.

Sementara itu, Ipuk berkomitmen akan terus menggulirkan program-program peningkatan kesejahteraan nelayan.

“Usulan dari teman-teman nelayan akan kami realisasikan. Saat ini sudah berjalan program bantuan alat usaha bagi pelaku usaha, agar usaha para nelayan bisa naik kelas,” kata Ipuk.

“Pelatihan-pelatihan juga akan terus kami geber. Kami juga akan fasilitasi kebutuhan untuk meningkatkan usaha,” tambahnya.

Diakhir pertemuan, lagi-lagi ratusan nelayan Blimbingsari, berdeklarasi mendukung pasangan nomor urut 1, Pilkada Banyuwangi, Ipuk-Mujiono. Selain deklarasi, mereka juga berkomitmen untuk memenangkan Ipuk-Mujiono. (d)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.