Berita

Cegah Covid-19, Perhatikan Sirkulasi Udara di Rumah

Kamis, 07 Januari 2021 - 12:47
132.42k
Cegah Covid-19, Perhatikan Sirkulasi Udara di Rumah Ilustrasi - Sirkulasi rumah yang baik dapat mencegah covid-19 (FOTO: hipwee)

TIMESINDONESIA, JAKARTASirkulasi udara di rumah harus diperhatikan untuk mencegah berbagai penyakit termasuk virus covid-19. Hal itu diungkapkan oleh Ners Rini Kurniati S.Kep dari RSAB Harapan Kita.

Dilansir dari republika.co.id Rini menekankan sirkulasi udara yang baik, tak hanya di rumah, namun juga diperkantoran maupun rumah sakit sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Rini menjelaskan beberapa panduan mengenai manajemen tata udara telah mengalami perubahan sesuai dengan panduan terkini dari Kementerian Kesehatan, WHO, dan CDC. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya transmisi atau penularan dari pasien ke pasien, pasien ke petugas kesehatan, petugas kesehatan ke pasien, atau sesama petugas kesehatan.

Ia juga menjabarkan cara paling mudah mengatur sirkulasi udara yang baik di rumah. Cara yang paling mudah adalah membuka jendela serta pintu lebar-lebar di pagi hari, untuk mengalirkan udara yang kotor di dalam ruangan digantikan dengan udara yang lebih bersih.

"Kalau di rumah kita bisa buka jendela pada pagi hari ganti semua udara di rumah jadi lebih bersih. Pergantian udara dari kotor jadi bersih itu penting sekali," kata Rini.

Rini menambahkan disuatu ruangan udara harus terus menerus berputar dan berganti, jika tidak tak hanya debu, namun juga bakteri bahkan virus dan patogen lainnya bisa saja terhirup. 

Ia juga menjelaskan cara lain untuk sirkulasi udara adalah menggunakan AC yang memiliki sistem filter penyaring udara kotor. Rini mengingatkan apabila AC di rumah tidak memiliki sistem penyaringan udara kotor, sebenarnya udara yang berputar dan dikeluarkan kembali oleh AC merupakan udara yang tetap kotor. 

Karena itu ia tetap menyarankan agar selalu membuka jendela terutama di pagi hari agar ada pertukaran udara bersih dari luar menggantikan udara kotor di dalam ruangan.

Selain itu juga dapat menggunakan exhaust fan untuk mengalirkan udara dari dalam ke luar ruangan. 

Rini menyarankan untuk meletakkan tanaman di dalam rumah. Beberapa jenis tanaman dikenal sebagai penyerap racun dan karbondioksida. Rumah menjadi cantik sekaligus sehat karena tanaman hias penyerap racun. 

Nah mulai sekarang perhatikan sirkulasi udara si rumah kita ya, agar tetap sehat.(*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.