Berita

Wapres RI dan Din Syamsuddin Minta Tagar Pembubaran MUI Tidak Ditanggapi Serius 

Rabu, 24 November 2021 - 09:56
Wapres RI dan Din Syamsuddin Minta Tagar Pembubaran MUI Tidak Ditanggapi Serius  Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH. Ma’ruf Amin saat memberikan keterangan pers di Jakarta (FOTO: Instagram/Ma'ruf Amin)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa MUI merupakan mitra Pemerintah Indonesia, dalam menanggulangi dan memberantas tindak pidana terorisme.

Oleh karena itu, dia menyayangkan orang yang seenaknya menyarankan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar dibubarkan. Kata dia, justru MUI selama ini selalu mendukung pemerintah RI dalam memberantas korupsi.

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut meminta, agar polemik pembubaran institusi segera dihentikan. Alasannya sangat logis, yakni melukai para pendiri dan ulama di Indonesia.

"Kalau MUI, secara lembaga dianggap justru tidak memperhatikan teroris, itu suatu kesalahan besar; karena memang sejak awal MUI justru merupakan partner Pemerintah di dalam rangka penanggulangan terorisme," kata KH. Ma’ruf Amin di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Dalam kesempatan yang berbeda, Mantan Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) MUI Din Syamsuddin menegaskan siap turun ke jalan jika ada yang berani membubarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dia menyarankan, pihak-pihak yang menyuarakan agar MUI dibubarkan segera meminta maaf. Karena itu sangat menyedihkan dan melukai banyak ulama di dalamnya. Kesalahan apapun tidak boleh dikaitkan dengam pembubaran.

Dia juga memberikan pesan khusus kepada stakeholder MUI yang masih aktif sekarang. Kata dia, munculnya tagar di media sosial agar MUI dibubarkan seiring dengan ditangkapnya Komisi Fatwa MUI Ahmad Zain tidak perlu ditanggapi serius.

Namun, jika keinginan MUI dibubarkan menguat karena alasan tersebut itu berarti dapat diduga kuat ada orang di balik layar. Oleh karena itu, dia meminta kepada pemerintah dan aparat segera membantu perkuat keberadaan MUI sebagai mitra pemerintah RI.

“Ketahuilah, kalau ada pihak, siapa pun mereka, yang berani membubarkan MUI maka mereka akan berhadapan dengan umat Islam di seluruh tanah air. Sebagai yang pernah memegang amanah sebagai Ketua Umum MUI dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI saya siap turun lapangan," kata Din Syamsuddin di Jakarta.

Sebagai informasi, Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap Ahmad Zain An Najah anggota Majelis Ulama Indonesia terkait aksi jaringan teroris Jamaah Islamiyah.

Ahmad Zain An-Najah merupakan Ketua Dewan Syariah Lembaga Amil Zakat Baitul Mal Abdurrahman bin Auf (LAM BM ABA), sedangkan Fadir Ahmad Okbah merupakan Anggota Dewan Syariah LAM BM ABA. Sedangkan Anung Al Hamat sebagai pendiri Perisai Nusantara Esa. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.