Berita

Demokrat Optimistis Kerjasama Tiga Partai Jadi Pintu Kemenangan Anies di Pilpres 2024

Jumat, 24 Maret 2023 - 21:11
Demokrat Optimistis Kerjasama Tiga Partai Jadi Pintu Kemenangan Anies di Pilpres 2024 Piagam Kerja Sama Tiga Partai, Partai Demokrat, Nasdem dan PKS resmi mendukung Anies Baswedan sebagai Capres pada Pilpres 2024 mendatang. (Foto: DPC Partai Demokrat Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Jawa Timur, optimistis Piagam Kerjasama Tiga Partai akan jadi pintu kemenangan Anies Baswedan, di Pemilihan Umum Presiden 2024 (Pilpres 2024) mendatang.

Selain berisi tiga kekuatan partai besar, Demokrat, Nasdem dan PKS, sosok Anies Baswedan juga sudah sangat familiar dan bisa diterima oleh masyarakat.

“Saya optimis Piagam Kerjasama Tiga Partai merupakan pintu kemenangan mas Anies,” ucap Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, Jumat (24/3/2024).

Pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Banyuwangi ini berkomitmen mendukung. Serta siap berjuang secara totalitas mengantar mantan Gubernur DKI Jakarta menjadi pemenang ketika resmi menjadi kandidat Calon Presiden (Capres) dalam perhelatan pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

“Bukan hanya akan turun sendiri bersama para kiai. Tapi kami juga akan mengerahkan seluruh kader dan simpatisan Partai Demokrat di Banyuwangi,” tegasnya.

Menurutnya,  Anies Baswedan merupakan pemimpin muda yang matang. Memiliki kapasitas, ingtelektual, santun dan matang.

Seperti diketahui, tiga partai politik telah memberikan dukungan resmi dan mencalonkan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024-2029. Ketiga partai yang telah melakukan penandatanganan tersebut adalah Partai Demokrat, Nasdem dan PKS. Dan kesepakatan yang terbentuk diberi nama “Piagam Kerjasama Tiga Partai.

Piagam di tandatangani oleh Ketua Umum Partai Nasdem, H. Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat, H. Agus Harimurti Yudhoyono dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, H. Ahmad Syaikhu. Penandatangan Piagam ini merupakan bentuk komitmen dari ketiga parpol, sekaligus menjadi ikatan formal kesepakatan ketiganya untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden Republik Indonesia, pada Pemilu 2024.

“Bahwa kami telah mencapai kesepakatan untuk secara bulat menetapkan Sdr. H. Anies Rasyid Baswedan, sebagai Calon Presiden 2024-2029,” demikian isi salah satu butir dari Piagam tersebut.

Kesepakatan untuk mengikat secara formal dukungan tersebut tercapai setelah melalui proses dialog mendalam, pertukaran pikiran dan suatu musyawarah yang penuh kebersamaan.

“Kesepakatan ini didasari rasa tanggung jawab untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat yang menginginkan Indonesia yang terus menerus lebih baik, untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan bangsa sebagaimana yang termuat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945,” tutur Willy Aditya, yang mewakili Partai Nasdem dalam tim kecil, mengutip pembukaan Piagam pada dialog dengan media Jumat (24/3/2023).

Piagam Koalisi berisi enam butir kesepakatan. Pertama, membentuk koalisi dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024-2029. Memberi mandat kepada Calon Presiden untuk memilih Calon Pasangan. Memberi keleluasaan kepada CalonPresiden untuk berkomunikasi dengan Partai Politik lainnya dalam rangka memperluas basis dukungan. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.