https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Resmikan Rusunawa Universitas Muhammadiyah Jakarta Menteri PUPR RI dan Menko PMK: Niat Ikhlas 12 Tower Bangun Fasilitas Pendidikan

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 07:16
Resmikan Rusunawa Universitas Muhammadiyah Jakarta Menteri PUPR RI dan Menko PMK: Niat Ikhlas 12 Tower Bangun Fasilitas Pendidikan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono bersama Menki PMK Muhadjir Effendy saat meresmikan Rusunawa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (30/8/2024). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES BANYUWANGI, TANGERANG SELATAN – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meresmikan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (30/8/2024).

Menteri PUPR RI dalam sambutannya mengatakan, Rusunawa UMJ diharapkan dapat bermanfaat untuk mendukung proses pendidikan. "Pembangunan Rusun, termasuk Rusun untuk lembaga pendidikan, kami lakukan atas perintah Pak Presiden dan Pak Menko PMK. Saya selalu ingatkan bahwa dalam pembangunan fasilitas pendidikan harus dilakukan dengan niat ikhlas, karena sesungguhnya bernilai amal jariyah," kata Menteri PUPR RI.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, Kementerian PUPR RI telah banyak membangun infrastruktur pendidikan yang dikelola Muhammadiyah. "Tidak hanya Rusunawa, sekitar 70an fasilitas/infrastruktur lainnya sudah dibangun selama masa kepemimpinan Pak Menteri Basuki, semoga semua jadi amal jariyah beliau," ujarnya.

Resmikan-Rusunawa-Universitas-Muhammadiyah-Jakarta-Menteri-PUPR-RI-b.jpg

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI Iwan Suprijanto mengatakan “Kementerian PUPR hingga saat ini telah membangun Rusun sebanyak 2.300 tower yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk 12 tower Rusun untuk Universitas Muhamadiyah pada tahun 2022 – 2024,” ujar Dirjen Iwan.

Rusun UMJ dibangun Kementerian PUPR RI melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa I Direktorat Jenderal Perumahan. Lokasi pembangunan Rusunawa UMJ berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Cirendeu Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Rusun UMJ terdiri dari satu tower setinggi tiga lantai dan memiliki 36 unit termasuk 2 unit untuk difabel tipe 24. Saat ini sudah dihuni oleh para mahasiswa dan mahasiswi UMJ karena telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk meubelair, sistem air bersih, sistem air limbah, sistem proteksi kebakaran, elektrikal, sistem sampah, dan penangkal petir.

Rusunawa UMJ dibangun dengan anggaran sejumlah Rp17,4 miliar, yang bersumber dari APBN dikerjakan dari Desember 2022 hingga Desember 2023. Adapun kontraktor pelaksananya adalah PT Bangun Atma Persada, dengan konsultan manajemen konstruksi PT Adhikara Mitracipta.

Willian, Mahasiswa UMJ Program Studi Perbankan Syariah mengaku sangat terbantu dengan adanya rusunawa tersebut. "Rusunawa yang baru ini cukup nyaman, bersih. Mahasiswa terbantu dengan adanya rusun ini, harganya lebih murah dari kost dan lebih dekat ke kampus," ujarnya.

Faqih Rabani Al-Qusyairi, Mahasiswa UMJ Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang berasal dari Bogor ini juga merasa sangat terbantu dengan adanya rusunawa ini. "Tinggal di sini sangat nyaman dan enak apalagi untuk mahasiswa dan mahasiswi yang merantau," ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekjen Kementerian PUPR RI Mohammad Zainal Fatah, Dirjen Perumahan Iwan Suprijanto, Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra Saleh Atmawidjaja, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa I Kementerian PUPR Tedy Siagian, dan Rektor UMJ Ma'mun.(*)

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.