Berita

Pohon dan 18 Tiang Listrik Roboh, Wisata Alas Purwo Ditutup Sementara

Rabu, 07 April 2021 - 15:15
Pohon dan 18 Tiang Listrik Roboh, Wisata Alas Purwo Ditutup Sementara Petugas PLN sedang memperbaiki tiang listrik yang roboh di sekitaran Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. (FOTO: Istimewa)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Wisata Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi ditutup sementara akibat pohon jati tumbang memblokir akses jalan. Disusul robohnya 18 tiang listrik menyebabkan destinasi Alas Purwo tidak teraliri listrik untuk sementara waktu.

Hingga berita ini ditulis, petugas PLN Banyuwangi tengah melakukan evakuasi dan pembersihan jalur, Rabu (7/4/2021). 

Kepala PLN UP3 Banyuwangi Krisantus H. Setyawan membenarkan robohnya 18 tiang listrik yang menghalangi akses jalan menuju TN Alas Purwo.

Petugas PLN B

"Memang benar ada 18 tiang yang roboh melintang di jalan menuju Alas Purwo. Saat ini petugas kami melakukan evakuasi," katanya.

Menurut Krisantus, robohnya pohon yang memblokir jalan ke Alas Purwo tersebut belum diketahui secara pasti penyebabnya. Kemungkinan akibat diterpa angin atau memang usia pohon sudah tua.

Akibat tumbangnya belasan tiang listrik tersebut, PLN memastikan Alas Purwo tidak teraliri listrik. Hingga perbaikan selesai dilakukan, maka penerangan di wisata Alas Purwo dan sekitarnya dipastikan padam untuk beberapa hari.

"Ada pohon jati tumbang yang terkena jaringan. Sehingga ada 18 tiang yang roboh. Saat ini padam di sekitar Alas Purwo. Kalau cuaca (penyebab) mungkin iya, atau juga karena hujan mengakibatkan lahan gembur dan membuat tumbang," jelas Krisantus.

Untuk perbaikan, kata Krisantus, pihaknya memprediksi akan berlangsung 2 hari ke depan. Sebab tiang listrik yang roboh itu kondisinya sudah tidak bisa dipakai lagi. PLN harus mengganti 18 tiang baru, untuk kembali mengaliri destinasi wisata unggulan Banyuwangi ini. 

"Estimasi 2 hari ya pak. Kita lakukan secepat mungkin. Kita harus pesan dulu tiang listrik. Karena tiang listrik yang roboh kondisinya retak dan patah. Harapan kita tidak ada halangan dalam perbaikan ini," kata Krisantus saat dikonfirmasi soal robohnya tiang listrik di sekitar Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. (*)

Pewarta : Agung Sedana
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.