Berita

Jemaah Haji Tertua dari Indonesia, Mbah Harun: Saya Bahagia Sudah Sampai Madinah

Jumat, 26 Mei 2023 - 11:05
Jemaah Haji Tertua dari Indonesia, Mbah Harun: Saya Bahagia Sudah Sampai Madinah Mbah Harun, jemaah haji tertua dari Indonesia asal Madura, berusia 119 tahun, tiba di Madinah. (Foto: MCH 2023)

TIMES BANYUWANGI, MADINAHJemaah haji Indonesia yang menjadi tertua pada musim haji 2023, Mbah Harun bin Senar, tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. Mbah Harun, yang berusia 119 tahun, berasal dari Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Mbah Harun dan rombongan lainnya tergabung dalam kelompok terbang (kloter) Surabaya (SUB) 6 yang terdiri dari 450 orang. Mereka tiba di Madinah pada Jumat (26/5/2023) dini hari sekitar pukul 01.10 Waktu Arab Saudi. Mbah Harun tampak bersemangat dan bahagia atas kedatangannya di tanah suci.

"Saya bahagia sudah sampai ke Madinah. Saya tidak sendiri, saya berangkat haji ditemani keponakan saya, Musdi," jelasnya dengan senyum mengembang. Meskipun usianya yang sudah lanjut, Mbah Harun mengaku dalam kondisi yang baik.

Ketika ditanya tentang kesehatannya, ia menyatakan bahwa sehat dan masih mampu berjalan dengan lancar. Untuk memastikan keselamatannya, petugas PPIH menempatkannya di kursi roda. Tindakan ini dilakukan karena sudah dini hari dan Mbah Harun mengalami kelelahan setelah perjalanan panjang. Dalam perjalanan menuju penginapan, ia dibantu menggunakan kursi roda hingga masuk ke dalam bus. Setelah tiba di hotel, Mbah Harun digendong petugas menuju tempat penginapan.

Mbah-Harun-jemaah-haji-asal-Madura-a.jpg

Mbah Harun dan rombongannya, kelompok SUB 6, akan menginap di Royal Al Madinah Hotel. Penginapan ini telah disiapkan untuk tempat menginap jemaah haji 2023.

Menariknya, Mbah Harun sebenarnya mendaftar untuk haji pada tahun 2017. Untuk membiayai perjalanan hajinya, ia menjual sebidang tanah di dekat tempat tinggalnya. Awalnya, ia dijadwalkan berangkat haji pada tahun 2046. Namun, berkat kuota prioritas lansia, Mbah Harun dapat menunaikan ibadah haji lebih cepat, tepatnya pada tahun 2023.

Mbah Harun menjadi sosok inspiratif bagi banyak orang, terutama para jemaah haji yang melihat semangat dan keteguhan hatinya dalam menjalani perjalanan haji di usia yang sudah sangat tua. (*)

Pewarta : Bambang H Irwanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.