Berita

Gelombang 62 akan Dibuka, Ini Tips Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja

Selasa, 03 Oktober 2023 - 09:06
Gelombang 62 akan Dibuka, Ini Tips Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Informasi Kartu Prakerja bisa diakses di situs resmi www.prakerja.go.id dan Instragram @prakerja, (foto: DJP)

TIMES BANYUWANGI, MALANG – Program Kartu Prakerja telah berjalan sejak tahun 2020 hingga 2023. Hingga saat ini, progam Kartu Prakerja telah memasuki Gelombang 61, dimana penutupan pendaftaran dilakukan 25 September 2023 lalu. 

Program Kartu Prakerja merupakan program yang diberikan oleh pemerintah untuk mengembangkan kompetensi kewirausahaan. Bantuan yang didapatkan berupa uang Rp4,2 juta untuk setiap individu. Nantinya akan digunakan untuk pelatihan.

Berdasarkan informasi, pemerintah akan kembali membuka program ini. Berdasarkan informasi di instagram Kartu Prakerja, pendaftaran biasanya dibuka dua kali dalam satu bulan. Berdasarkan hal tersebut, Gelombang 62 dari Kartu Prakerja kemungkinan dibuka pada awal Oktober 2023.

Syarat mengikuti program ini diantaranya, WNI berusia 18–64 tahun, tidak sedang menempuh pendidikan formal, diperuntukkan untuk pencari kerja/pekerja yang terkena PHK, bukan pejabat (DPRD, ASN, TNI, Polri, Kepala Desa/perangkat desa, serta Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN atau BUMD), dan maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang lolos menjadi penerima program ini.

Berikut langkah-langkah saat mendaftar Kartu Prakerja:

1. Buka situs www.prakerja.go.id, klik lupa password untuk mengecek apakah NIK sudah terdaftar apa belum. Jika muncul peringatan warna merah, artinya NIK aman atau belum pernah digunakan.

2. Masuk ke bagian pendaftaran, isi data diri, alamat email, password. Kemudian cek inbox email dan klik tombol “verifikasi sekarang”.

3. Login atau masuk ke akun menggunakan email dan password yang digunakan di tahap 2. 

4. Masukkan kode yang dikirim melalui email

5. Mengisi NIK, KK, tanggal lahir, data diri, nama lengkap sesuai KTP, jenis kelamin, jumlah tanggungan dan alamat sesuai KTP atau KK. Pastikan data e-KTP sesuai dengan Dukcapil.

6. Verifikasi foto e-KTP. Foto dalam keadaan jelas dan tidak blur serta memotret menggunakan handphone.

7. Verifikasi foto wajah dengan menggunakan handphone. 

8. Memilih alasan keikutsertaan mengikuti Program Kartu Prakerja, mengisi minat dan keterampilan sesuai status pekerjaan.

9. Mengisi pendidikan terakhir dan pada tingkat pemahaman keterampilan pilih opsi “pemula”.

10. Verifikasi nomor handphone aktif. Sesuaikan dengan nomor yang terdaftar pada rekening/e-wallet.

11. Pilih opsi “tidak” untuk pernyataan Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada BUMD.

12. Langkah terakhir yaitu mengisi data dan mengerjakan tes kemampuan dasar penalaran verbal dan penalaran kuantitatif.

“Salah satu tips saat mendaftar yaitu pilih opsi mendapatkan insentif dan meningkatkan skill dan kemampuan di tahap pemilihan alasan keikutsertaan mengikuti Program Kartu Prakerja,” ucap Rizky Nugraha Dimyati, Associate Marketing Manager Kelas Gemilang saat Webinar “Tips Jitu Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja”, Kamis (21/9/2023).

Kelas Gemilang merupakan wadah yang difasilitasi oleh G-Trust Learning bagi yang ingin meningkatkan kompetensi atau upskilling dan menggapai pekerjaan idaman. Bermitra dengan lebih dari 50 perusahaan nasional dan multinasional, NGOs, universitas, serta sekolah.

Lebih lanjut Rizky menjelaskan mengenai beberapa faktor yang menyebabkan tidak lolos pendaftaran Kartu Prakerja.

Faktor-faktor tersebut diantaranya, data KTP yang tidak sesuai, termasuk dalam pejabat, dua anggota dalam satu KK sudah lolos, tidak memenuhi syarat usia, salah tulis pernyataan, email tidak terverifikasi, foto KTP buram, dan verifikasi foto wajah yang tidak sesuai dengan foto KTP.(*)

Pewarta : Rindiani Mayasari (MBKM)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.