https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Motor Sering Kehabisan Bensin, Awas Bisa Berakibat Fatal!

Senin, 08 Juli 2024 - 11:05
Motor Sering Kehabisan Bensin, Awas Bisa Berakibat Fatal! Pengendara sedang melakukan pengisian BBM di SPBU. (Foto: Yamaha STSJ for TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Bagi pengendara motor, memastikan ketersediaan bensin merupakan hal yang krusial. Namun, tak jarang kesibukan atau kelalaian membuat pengendara lupa mengisi bensin hingga motor kehabisan bahan bakar. 

Tahukah kalian, kebiasaan tersebut bukan hanya merepotkan, tapi juga dapat membawa dampak fatal bagi motor.

Ya, sering kehabisan bensin dapat menimbulkan berbagai kerusakan pada motor, mulai dari karat pada tangki, kerusakan fuel pump, hingga masalah pada karburator atau injektor.

Ketika tangki bensin kosong, permukaan tangki akan terpapar udara secara langsung. Hal ini dapat menyebabkan karat pada tangki, terutama pada bagian bawah tangki yang biasanya tidak terisi bensin. Karat ini dapat mencemari bensin dan menyumbat filter bahan bakar, sehingga mengganggu kinerja mesin.

Pada motor injeksi, fuel pump berperan penting untuk menghisap bensin dari tangki dan mengantarkannya ke mesin. Jika motor sering kehabisan bensin, fuel pump akan bekerja lebih keras dan lebih panas. Hal ini dapat menyebabkan fuel pump rusak dan motor mogok di tengah jalan.

Manager Promosi Yamaha STSJ, William Saputra mengatakan, terlalu sering membiarkan bahan bakar kosong adalah hal yang sangat tidak baik. Dia menyarankan pengendara untuk memastikan terlebih dahulu kondisi bensin dengan melalui indikator yang ada di speedometer motor. 

“Khusus pada motor Yamaha yang sudah terkoneksi dengan Y-Connect dapat mempermudah pengendara untuk menganalisa penggunaan BBM selama berkendara. Jadi para pengendara bisa tahu konsumsi bahan bakar selama berkendara,” kata William. 

Dia menjelaskan, apabila indikator bensin yang ada pada speedometer mendekati huruf ‘E’ sudah menjadi kewajiban pengendara untuk segera mengisi bensin. 

“Jaga selalu ketersediaan bensin sepeda motor Anda dan pastikan untuk mengisi bensin sebelum berkendara, demi menjaga performa dan kenyamanan berkendara,” ungkapnya.

Dengan memastikan ketersediaan bensin dan menjaga kondisi motor, pengendara dapat menghindari berbagai kerusakan dan menikmati pengalaman berkendara yang aman dan nyaman. Ingatlah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Rawatlah motor dengan baik agar performa dan keawetannya terjaga. (d)

Pewarta : Fazar Dimas Priyatna
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.