Berita

Daftar Penerima Anugerah TIMES Indonesia 2022 Kabupaten Banyuwangi

Sabtu, 04 Maret 2023 - 17:01
Daftar Penerima Anugerah TIMES Indonesia 2022 Kabupaten Banyuwangi Anugerah TIMES Indonesia. (Foto: TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – TIMES Banyuwangi bagian dari TIMES Indonesia kembali memberikan penghargaan dalam ajang Anugerah TIMES Indonesia 2022. Untuk Anugerah TIMES Indonesia (ATI) 2022, tema yang diusung adalah ‘Role Model of Banyuwangi Rebound’. 

Sesuai dengan tema. Para penerima penghargaan adalah para tokoh, pejabat publik hingga komunitas pemuda yang selama tahun 2022, memiliki peran penting dalam mendukung kesuksesan Gerakan Banyuwangi Rebound. Yakni gerakan yang dicetus Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani yang meliputi aspek sosial, ekonomi, pariwisata dan lainnya. 

Banyuwangi Rebound dibangun di atas tiga pilar utama. Pertama, penanganan pandemi dari sisi kesehatan, pemulihan ekonomi melalui program-program peningkatan ekonomi kerakyatan. Dan ketiga, adalah merajut harmoni dengan memperkuat solidaritas sosial. 

Garis besarnya, para penerima penghargaan ATI 2022 ini merupakan sosok yang selama tahun 2022, mampu menjadi penebar optimisme bersama melalui kiprah dan kinerja sesuai bidang masing-masing. Yang tentunya telah menjadi pelecut kesuksesan Gerakan Banyuwangi Rebound. Dan mengantarkan Banyuwangi, menjadi daerah yang yang berhasil lebih cepat bangkit dari keterpurukan ekonomi masa pandemi Covid-19. 

Daftar pemerima Anugerah TIMES Indonesia 2022 di Kabupaten Banyuwangi 

1. Positive News Maker: Ipuk Fiestiandani 

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, merupakan sosok yang mampu menjadi penebar kabar positif. Pengabdian melalui segudang program kerja hingga aksi turun ke lapangan, diakui sukses membawa optimisme seluruh elemen masyarakat. 

Melalui gerakan Banyuwangi Rebound, Ipuk Fiestiandani sukses membawa Bumi Blambangan, lebih cepat bangkit dari keterpurukan ekonomi masa pandemi Covid-19. 

Dengan menjadi kepala daerah yang mampu menjadi penebar optimisme dan semangat kebaikan, maka sudah sangat pantas Ipuk Fiestiandani, menerima penghargaan ATI 2022, sebagai Positive News Maker Kabupaten Banyuwangi.

2. Women of The Year: Direktur RSUD Genteng , dr Siti Asiah Anggraeni, M.MRS. 

Menjadi Direktur RSUD Genteng, dr Siti Asiah Anggraeni, M.MRS, tak pernah lelah untuk berbenah dan melakukan inovasi demi peningkatan kualitas pelayanan.  

Bukan hanya pelayanan kepada pasien yang terus disempurnakan. Area RS pun disulap selayak hotel berbintang, bersih, rapi dan tidak tercium aroma obat seperti kebanyakan. 

Yang paling keren, RSUD Genteng melalui para dokter, rajin memberi pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat tentang layanan baru atau pun inovasi yang bisa diberikan. 

Alhasil, kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan RSUD Genteng pun terus meningkat. Menjadi bukti adalah peningkatan jumlah kunjungan atau pasien. Yang tentu saja berimbas pada lonjakan sumbangsih terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Karena itu, sangat layak Direktur RSUD Genteng, dr Siti Asiah Anggraeni, M.MRS, mendapat penghargaan ATI 2022, sebagai Women of The Year Kabupaten Banyuwangi.

3. Man of The Year: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto.

Nama Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, SH, MH, cukup populer di penghujung tahun 2022. Ketika Bumi Blambangan diterpa polemik Tempat Pembuangan Sampah (TPS), Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, berani hadir memberi solusi. Dia menyerahkan sebidang tanah untuk dijadikan TPS sementara. 

Kerelaan ini sekejab menjadi jalan kaluar dari permasalahan sampah di kabupaten paling ujung timur pulau Jawa. 

Di balik kerelaan itu, Michael harus menerima berbagai isu miring bahkan cukup menyudutkan. Namun hal tersebut tak menyurutkan niatnya untuk berbuat dan mengabdi pada Kabupaten Banyuwangi. 

Dengan rekam jejak tersebut, maka sangat layak Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, SH, MH, mendapat penghargaan ATI 2022 sebagai Man of The Year Kabupaten Banyuwangi.

Special Achievement Award Kabupaten Banyuwangi

1. Police Service Hero: Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa 

Kepemimpinan Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa, SH, SIK, MIK, terbilang istimewa. Sebagai aparat penegak hukum, dia tidak melulu mengedepankan penindakan hukum. 

Namun sebagai wujud pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat, Kapolresta Deddy, lebih mengutamakan pembinaan. Dia mampu merangkul dan mengajak seluruh elemen untuk menjadi masyarakat yang baik. Masyarakat yang mampu berkontribusi pada terciptanya kondusifitas dan stabilitas keamanan daerah. 

Dan upaya tersebut terbukti mampu membawa Banyuwangi menjadi daerah yang kondusif. Daerah yang terus tumbuh dan berkembang serta tetap menjadi primadona pelaku investasi. Yang tentunya membawa dampak positif pada percepatan pembangunan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Dari kiprah tersebut, maka sangat layak Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa, SH, SIK, MIK, mendapat penghargaan ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘Police Service Hero' Kabupaten Banyuwangi’.

2. Father of Pluralism: Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah  

Sebagai mitra sekaligus wakil dari Bupati Banyuwangi, H Sugirah, S Pd, M Si, atau yang akrab disapa Pakde Sugirah, diakui berhasil menjalankan tugas pengabdian dengan sangat baik. 

Kader PDI Perjuangan Banyuwangi, ini mampu menjadi duet yang bisa melengkapi kepadatan kinerja Bupati. Dia rajin menghadiri undangan kegiatan yang digeber masyarakat lintas elemen. 

Dengan sikap yang supel dan low profile, serta menjadi penyambung lidah Bupati, tak ayal, dia menjadi sosok yang merangkul, bersahabat serta diterima oleh seluruh kalangan masyarakat. Baik masyarakat lintas suku, agama dan lainnya. 

Berdasar catatan kinerja tersebut, sangat pantas Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah dianugerahi penghargaan ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘Father of Pluralism Kabupaten Banyuwangi’.

3. The Man Behind The Character Building: Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno 

Peran Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno, S Pd, MM, terhadap pembangunan karakter anak bangsa di Bumi Blambangan, sangat menonjol. Dibawah kepemimpinannya, berbagai program ditelurkan guna membentuk karakter melalui dunia pendidikan. 

Sebut saja, kegiatan keagamaan, gerakan literasi hingga wawasan sejarah lokal terus digaungkan. Dan tentunya, hal itu sangat mendukung suksesnya program Merdeka Belajar yang sedang digalakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 

Dengan kinerja tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno, S Pd, MM, cukup pantas mendapat penghargaan ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘The Man Behind The Character Building Kabupaten Banyuwangi’.

4. Best Person with Atomic Habits: Kepala Dinas Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo 

Sesuai dengan nama penghargaan, The Atomic Habits Kabupaten Banyuwangi, Kepala Dinas Pengairan Banyuwangi, Dr. Ir. H. Guntur Priambodo, MM, merupakan sosok yang mampu menginspirasi siapa saja untuk terus melakukan perubahan baik. Meskipun hanya dengan cara sederhana. 

Salah satu contoh, Guntur Priambodo terus mengajak masyarakat untuk merawat dan melestarikan sungai. Salah satunya dengan menghindari perilaku membuang sampah di sungai. Dan satu lagi, meski menjabat sebagai Kepala Dinas PU Pengairan, Guntur, sapaan akrabnya, tak enggan turun ke lapangan. Bahkan masuk ke aliran sungai dengan pakaian ala kadarnya sudah bukan barang baru baginya. 

Dengan totalitas kinerja, serta motivasi ajakan untuk terus menjadi lebih baik kepada masyarakat, maka sangat pantas Kepala Dinas Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo, mendapat penghargaan ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘The Atomic Habits Kabupaten Banyuwangi’.

5. Excellence Health Service: Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat 

Menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat, SKM, M.Si, terbukti sangat totalitas. Dia rela sering turun melakukan peninjauan ke lapangan guna memastikan pelayanan kesehatan dapat diterima masyarakat dengan baik. 

Amir juga terus berupaya mencetus program-program inovasi. Diantaranya terkait kuota pelayanan kesehatan untuk masyarakat miskin, peningkatan kesejahteraan kader Posyandu, aksi pencegahan Stunting dan masih banyak lagi. 

Dengan rekam jejak tersebut, sangat layak Plt Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat, SKM, M.Si, mendapat penghargaan ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘Excellence Health Service Kabupaten Banyuwangi’.

6. Agent of Positive Journalism: Kepala Dinas Kominfo Banyuwangi Budi Santoso 

Kepala Dinas Kominfo Banyuwangi, Budi Santoso, merupakan sosok dibalik pembangunan citra positif Kabupaten Banyuwangi. Di bawah naungannya, narasi kabar memotivasi dilahirkan. Hingga akhirnya menjadi konsumsi publik dalam bentuk pemberitaan atau karya jurnalistik dan berbuah optimisme untuk bersama bergotong royong membangun Bumi Blambangan. 

Nah, dengan kiprah tersebut, sangat pantas Kepala Dinas Kominfo Banyuwangi Budi Santoso, mendapat apresiasi atas kinerja dengan pemberian penghargaan ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘Agent of Positive Journalism Kabupaten Banyuwangi’.

7. Pioneer of Civil Society Welfare: Plt Kepala Bakesbangpol Banyuwangi, Muhamad Lutfi 

Meski kini menjabat sebagai Plt Kepala Bakesbangpol Banyuwangi, Muhamad Lutfi, S.Sos, M.Si, memiliki rekam jejak pengabdian yang cukup membumi. Di bawah bimbingannya, banyak tumbuh pusat perekonomian masyarakat. Sebut saja, pasar Wit-witan Singojuruh, pusat kuliner Plengsengan, Kampung Mandar, dan lainnya. 

Tak hanya itu, Lutfi, sapaan akrabnya, juga memiliki dampingan UMKM. Maka jangan heran, jika mendengar kabar Plt Kepala Bakesbangpol Banyuwangi, ini sering kongkow-kongkow memberi motivasi kepada kalangan pemuda dan masyarakat. 

Dan kesemuanya bertujuan untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat melalui kewirausahaan. Dimana menjadi goal adalah terciptanya kemandirian ekonomi di Kabupaten Banyuwangi. 

Melihat apa yang telah dilakukan, maka sangat pantas, Plt Kepala Bakesbangpol Banyuwangi, Muhamad Lutfi, mendapat penghargaan anugerah ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘Pioneer of Civil Society Welfare Kabupaten Banyuwangi.

8. Best Support to the Local Tourism: Kadisbudpar Banyuwangi, Muhammad Yanuar Bramuda 

Sektor pariwisata Bumi Blambangan, terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bahkan bicara pariwisata, nama Banyuwangi, bukan lagi menjadi konsumsi nasional. Namun sudah menggema dikancah internasional. 

Nah, dengan kinerja luar biasa tersebut, maka sudah sangat pantas Kadisbudpar Banyuwangi, Muhammad Yanuar Bramuda, mendapat penghargaan anugerah ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘Stairs Up Tourism Kabupaten Banyuwangi’.

9. Best Local Hero: Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Banyuwangi, Rudi Hartono Latif 

Sebagai Ketua Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Banyuwangi, Rudi Hartono Latif, adalah sosok yang telah banyak memberikan kontribusi positif bagi desa di Bumi Blambangan. Ia diakui sebagai penyelamat bagi desa-desa yang terpinggirkan, dengan dedikasinya untuk menyumbangkan pengetahuan serta memperjuangkan hak-hak desa. 

Kisah Rudi Hartono Latif sebagai pejuang desa di Banyuwangi, tentu menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk dengan desa. Dengan dedikasi dan kerja keras, Rudi Hartono Latif berhasil memberikan dampak yang besar bagi masyarakat desa, membantu mereka untuk bangkit dari keterbelakangan dan hidup dengan lebih baik. 

Dengan perjuangan yang tak kenal lelah, sudah sangat pantas Rudi Hartono Latif, mendapat penghargaan angerah ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘Local Hero Kabupaten Banyuwangi’.

10. Best Inspiring Local Youth: Sekretaris Jenderal Projo, Handoko

Kisah sukses Handoko sebagai pemuda desa yang menjadi Sekretaris Jenderal Projo tentu menjadi inspirasi bagi banyak orang. Terutama bagi para pemuda desa di Banyuwangi. 

Ia membuktikan bahwa dengan kerja keras, tekun, dan semangat yang kuat, seorang pemuda desa dapat berkiprah di tingkat nasional dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. 

Yang tak kalah penting, dengan pencapaian serta jaringan yang dimiliki, Handoko, tanpa harus diminta terus memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Kabupaten Banyuwangi. 

Dengan prestasi serta perjuangan yang telah diberikan pada tanah kelahiran, sudah sepantasnya Sekjen Projo, Handoko, mendapat penghargaan anugerah ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘Inspiring Local Youth Kabupaten Banyuwangi’.

11. Best Company to Deal with Marine Tourism Industry: PT Pelindo Properti Indonesia Boom Marina Banyuwangi

PT. Pelindo Properti Indonesia Boom Marina Banyuwangi, melalui General manager Area Bisnis Boom Marina Banyuwangi, Nurilma Septanti, berhasil menjadi salah satu entry point pariwisata laut internasional. PT. Pelindo Properti Indonesia Boom Marina Banyuwangi, berhasil membangun sebuah marina modern yang menarik minat wisatawan dari seluruh dunia. 

Selama kepemimpinannya, Nurilma Septanti mampu mengelola perusahaan dengan baik dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik minat wisatawan. Ia memanfaatkan teknologi terbaru untuk mempromosikan Marina Banyuwangi ke dunia internasional dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para wisatawan yang berkunjung. 

Dalam beberapa tahun terakhir, marina Banyuwangi berhasil menjadi salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di Indonesia dan diakui secara internasional. Pencapaian ini tidak terlepas dari dedikasi dan kerja keras Nurilma Septanti dan tim. 

Sebagai bentuk apresiasi, TIMES Indonesia memberikan penghargaan kepada PT. Pelindo Properti Indonesia Boom Marina Banyuwangi, sebagai Special Achievement Award ‘Creator of International Marine Tourism Kabupaten Banyuwangi’.

12. Best Sustainable Economic Growth: PT Bumi Suksesindo 

PT Bumi Suksesindo merupakan sebuah perusahaan investasi yang berkomitmen untuk menjalankan kegiatan bisnisnya dengan mengedepankan prinsip-prinsip pemberdayaan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Perusahaan ini berfokus pada pengembangan investasi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. 

Salah satu program unggulan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk ini adalah program pemberdayaan ekonomi berkelanjutan. Melalui program ini, perusahaan memberikan berbagai dukungan, mulai dari pelatihan, hingga pembiayaan bagi masyarakat sekitar perusahaan. 

Dengan dedikasi tersebut, maka sudah sepantasnya PT Bumi Suksesindo, yang beroperasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, ini mendapat apresiasi berupa penghargaan anugerah ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘Empowerment Sustainable Economic Growth Kabupaten Banyuwangi’.

13. Green Company of the Year: PT Tirta Investama (Aqua) Banyuwangi 

PT Tirta Investama (Aqua) Banyuwangi merupakan perusahaan yang memiliki komitmen tinggi terhadap keberlanjutan lingkungan. Sebagai Pendorong Keberlanjutan Lingkungan Hijau, perusahaan ini telah melakukan berbagai upaya dalam menjalankan kegiatan operasionalnya dengan tetap memperhatikan dampak terhadap lingkungan sekitar. 

PT Tirta Investama (Aqua) Banyuwangi menggunakan teknologi modern dan ramah lingkungan untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan. Perusahaan ini juga telah memperkenalkan program-program sosial dan lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar dan menjaga keberlanjutan lingkungan. 

Melalui berbagai program yang dijalankan, PT Tirta Investama (Aqua) Banyuwangi berhasil menjadi Pendorong Keberlanjutan Lingkungan Hijau yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. 

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan, sangat pantas PT Tirta Investama (Aqua) Banyuwangi, diberi penghargaan anugerah ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘Promoter of Green Enviromental Sustainability Kabupaten Banyuwangi’

14. The Cold Hand of the Year: Bambang Haryono 

Bambang Haryono adalah seorang pengusaha kerajinan tradisional yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya menjadi salah satu eksportir sukses. Ia terus berinovasi dalam menciptakan produk baru yang unik dan menarik, sehingga kerajinan buatannya selalu diminati oleh konsumen baik di dalam maupun luar negeri. 

Dalam mengembangkan bisnisnya, Bambang Haryono tidak hanya mengandalkan keahlian dan kreativitasnya dalam membuat kerajinan, namun juga melakukan riset pasar yang mendalam dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti pengrajin lokal, supplier bahan baku, dan mitra bisnis internasional. 

Bambang Haryono berhasil membawa bisnis kerajinan tradisional Bumi Blambangan hingga merambah pasar internasional. Keberhasilannya ini tentu tidak terlepas dari kualitas dan keunikan produk kerajinan buatannya yang telah mendapatkan pengakuan. 

Sebagai apresiasi atas pencapaian membawa kerajinan lokal Banyuwangi ke kancah internasional, sangat layak Bambang Haryono diberi penghargaan anugerah ATI 2022, sebagai Special Achievement Award ‘Global Market Transformers Kabupaten Banyuwangi’.

15. Best Youth Community for Social Service: Komunitas Pemuda SAMBER

Komunitas Pemuda SAMBER (Sambirejo Bersatu), Dusun Sambirejo, Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, ini terdiri dari sekelompok pemuda yang memiliki kepedulian sosial tinggi dan ingin berkontribusi dalam memajukan masyarakat. Mereka datang dari berbagai latar belakang dan profesi, namun memiliki visi yang sama yaitu membantu sesama dengan cara yang nyata dan berkelanjutan. 

Sebagai volunteer sosial, Komunitas Pemuda SAMBER aktif melakukan berbagai kegiatan sosial seperti memberikan bantuan sembako, membantu korban bencana alam dan masih banyak lagi. Mereka juga berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait seperti lembaga amal, pemerintah, dan masyarakat setempat untuk meningkatkan dampak positif dari aksi sosial yang dilakukan. 

Dari gambaran tersebut, maka sudah selayaknya Komunitas Pemuda SAMBER mendapat apresiasi dengan pemberian penghargaan Anugerah TIMES Indonesia 2022, sebagai Special Achievement Award ‘Community of Youth Social Volunteer Kabupaten Banyuwangi’. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.