https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Pemkab Banyuwangi Luncurkan Fasilitas Pelayanan Ramah untuk Kelompok Rentan di Kantor BPN

Kamis, 05 September 2024 - 13:16
Pemkab Banyuwangi Luncurkan Fasilitas Pelayanan Ramah untuk Kelompok Rentan di Kantor BPN Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas saat meresmikan Fasilitas Pelayanan Ramah Kelompok Rentan di Kantor Badan Pertanahan Nasional (Foto: Muhamad Ikromil Aufa/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, meresmikan Fasilitas Pelayanan Ramah Kelompok Rentan di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Banyuwangi pada Kamis, 5 September 2024. Peresmian ini menandai komitmen Pemkab Banyuwangi untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan bagi kelompok rentan.

Fasilitas Pelayanan Ramah Kelompok Rentan

Peresmian fasilitas ini diresmikan dengan pemotongan pita bunga oleh Bupati Ipuk bersama Kepala Kantor BPN Banyuwangi, Machfoed Effendi. Dalam sambutannya, Bupati Ipuk mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada Kantor BPN atas layanan yang telah diberikan kepada kelompok rentan.

"Terkait dengan pelayanan yang dilakukan teman-teman BPN Banyuwangi, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya. Semoga ini dapat menambah jumlah masyarakat rentan atau teman-teman disabilitas yang semakin mandiri dalam mengurus kebutuhan dirinya tanpa harus menggunakan pihak ketiga," kata Ipuk dalam sambutannya.

Undang-Undang dan Pelayanan Berkualitas

Bupati Ipuk menegaskan pentingnya penerapan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, yang mengamanatkan penyelenggara pelayanan publik untuk memberikan perhatian khusus kepada disabilitas dan kelompok rentan seperti ibu hamil, ibu menyusui, lansia, dan korban bencana.

"Mereka ini memiliki kedudukan yang sama dan kebutuhan yang sama dengan kita semuanya," ujar Ipuk. Ia juga menekankan perlunya pelayanan publik yang berkualitas untuk kelompok rentan, agar mereka mendapatkan perlakuan yang setara dengan masyarakat umum.

"Ini bisa menjadi contoh bagi kantor-kantor pelayanan publik lainnya di Banyuwangi. Teman-teman disabilitas dan kelompok rentan mendapatkan pelayanan yang sama dengan masyarakat umumnya, bahkan dengan pelayanan excellent," tambahnya.

Inovasi dan Fasilitas di Kantor BPN Banyuwangi

Kepala Kantor BPN Banyuwangi, Machfoed Effendi, mengungkapkan berbagai fasilitas yang disediakan untuk kelompok rentan, seperti kursi roda, alat bantu dengar, tongkat, jalur khusus difabel, dan loket khusus. "Berbagai fasilitas kami sediakan, termasuk toilet khusus, kursi tunggu prioritas, dan alat bantu dengar," kata Machfoed.

Ia juga memperkenalkan program inovasi baru yang disebut "Lapis Ketan" atau layanan prioritas kelompok rentan. Program ini memungkinkan pemohon dari kelompok rentan untuk hanya datang sekali dan kemudian menerima sertifikat langsung di rumah mereka.

"Kami meluncurkan program 'Lapis Ketan' yang kami dedikasikan untuk semua kelompok rentan. Jadi, pemohon dari kelompok rentan cukup datang sekali dan setelah selesai, kami antar langsung sertifikatnya ke rumah," imbuhnya.

Machfoed menekankan bahwa selain penyediaan sarana dan prasarana, komitmen penuh dari seluruh pegawai BPN dan kesiapan SDM sangat penting dalam memberikan pelayanan publik yang baik. Kantor BPN Banyuwangi juga aktif turun langsung untuk membantu kelompok rentan dalam proses pengukuran dan pendaftaran tanah.

Dengan fasilitas dan program baru ini, Kantor BPN Banyuwangi diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan contoh bagi instansi pelayanan publik lainnya di Banyuwangi.(*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.