https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Menag RI Ajak Jajarannya Berlari Kencang untuk Memberikan Pelayanan Terbaik

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 16:43
Menag RI Ajak Jajarannya Berlari Kencang untuk Memberikan Pelayanan Terbaik Menag Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri peresmian gedung-gedung di Ternate, Maluku Utara. (Foto: Dok. Kemenag)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas mengajak jajaran Kementerian Agama (Kemenag) untuk bergegas dalam meningkatkan kualitas layanan. Hal ini diungkapkan Menag dalam peresmian Gedung Zam-zam, Gedung Mina Asrama Haji Transit Ternate, Gedung Laboratorium Terpadu, serta Asrama Siswa dan Rumah Dinas Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) IC Halmahera Barat,

“Mari kita lari sekencang-kencangnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik,“ ajak Menag Yaqut saat memberikan sambutan pada peresmian gedung dirangkai dengan Pembinaan ASN Kemenag Maluku Utara dengan Tema 'Agama sebagai Inspirasi Moderasi Beragama' di Ternate, Sabtu (16/10/2021). 

Menteri Agama gus yaqut 2Menag ajak jajarannya berikan pelayanan yang terbaik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan. (Foto: Dok. Kemenag)

Salah satu ikhtiar Menag Yaqut dalam meningkatkan kualitas layanan Kemenag adalah Revitalisasi KUA. Program ini bertujuan mengoptimalkan peran KUA agar bukan hanya sebagai tempat urusan pernikahan saja, tapi menjadi etalase Kemenag. KUA sebagai tempat pelayanan umat beragama.

“Pelayanan itu menjadi orientasi pertama. Asrama haji contohnya sebagai pelayanan kepada masyarakat. Ini jangan berhenti hanya sampai di kemegahan gedung, namun beriring dengan kemegahan pelayanannya,“ pesan Menag.

“Meskipun embarkasi transit, namun harus bisa dikembangkan menjadi embarkasi,“ sambungnya.

Kakanwil Kemenag Maluku Utara, Sarbin Sehe menyampaikan bahwa Gedung Mina yang diresmikan Menag Yaqut terdiri dari lima lantai. Gedung ini dilengkapi 48 kamar dan 5 kamar VIP. Gedung baru ini dapat menampung 153 jemaah haji. Pembangunan gedung ini dibiayai dengan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Wakil Gubernur Maluku Utara, M. Al Yasin Ali menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menag Yaqut Cholil Qoumas di Maluku Utara. Ini menjadi motivasi bagi pemerintahan untuk dapat membangun Maluku Utara yang lebih baik.

“Gedung mewah di Sofifi, misalnya sudah tampak, seperti adanya gedung Kakanwil Kemenag di sana. Pembangunan gedung-gedung pendidikan juga berdiri, di tengah Pandemi Covid-19, semua berjalan lancar,“ kata Al Yasin Ali.

Menteri Agama gus yaqut 3Menag saat menandatangani prasasti peresmian gedung asrama MAN IC Halmahera Barat. (Foto: Dok. Kemenag)

Selain itu, lanjut Al Yasin Ali dengan hadirnya gedung yang baru, Maluku Utara lebih siap lagi ke depan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi penyelenggaraan haji.

“Fasilitas yang dimiliki Kemenag saat ini, bisa dapat menampung jamaah haji. Namun begitu tingginya minat masyarakat untuk berhaji, gedung dan fasilitas masih terus dibutuhkan. Kiranya, gedung ini lebih bermanfaat, dikelola dengan baik sebagai sarana utama untuk melayani jamaah haji yang lebih baik,“ ucap M. Al Yasin Ali.

Peresmian gedung Zam-zam Asrama Haji Transit Ternate ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Menag. Sementara peresmian gedung Asrama MAN IC Halmahera Barat dan Laboratorium ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Tampak hadir Mendampingi Menag RI Yaqut Cholil Qoumas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, staf khusus Menag Bidang Image Building dan Pengembangan IT, Wibowo Prasetyo, staf khusus Menag Bidang Ukhwah Islamiyah Penguatan Ormas dan Stakeholder Jaringan Keagamaan serta Moderasi Beragama, Ishfah Abidal Aziz, para Kakanwil Kemenag se Indonesia, Forkopimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Ternate. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.