https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Jelang World Water Forum ke-10, Polda Jatim Tingkatkan Keamanan di Banyuwangi

Rabu, 15 Mei 2024 - 17:50
Jelang World Water Forum ke-10, Polda Jatim Tingkatkan Keamanan di Banyuwangi Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto sedang mengecek perlengkapan persenjataan saat apel gelar pasukan dalam Operasi Puri Agung 2024. (Foto : Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Banyuwangi, Jawa Timur menjadi wilayah penyangga dalam perhelatan World Water Forum ke-10 (WWF ke-10) yang berlangsung di Nusa Dua Bali pada 18-25 Mei 2024. Guna meningkatkan keamanan dan kondusifitas agar tidak munculnya gangguan, Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) melakukan pengecekan personel.

Upaya pengecekan kesiapan pengamanan World Water Forum ke-10 itu, ditinjau langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto pada Apel Gelar Pasukan Satuan Tugas Wilayah (Satgaswil) Jawa Timur, dalam Operasi Puri Agung 2024 di Pelabuhan Tanjung Wangi, Rabu (15/5/2024).

Dalam kesempatan tersebut Irjen Pol Imam menjelaskan, pengamanan imbangan di Banyuwangi sangat diperlukan mengingat pentingnya forum internasional World Water Forum ke-10 yang akan dihadiri kurang lebih 17ribu peserta delegasi dari 172 negara dan 43 kepala negara besar yang dijadwalkan hadir. 

Untuk itu, setidaknya setidaknya 596 personel diterjunkan langsung demi menjamin keamanan saat acara World Water Forum ke-10 berlangsung.

"Pagi ini kami pastikan kesiapan personel yang akan melaksanakan pengamanan imbangan di Jatim demi kesuksesan WWF-ke 10 yang digelar di Bali," kata Irjen Pol Imam.

Dikatakan oleh Irjen Pol Imam, titik yang menjadi fokus pengamanan selama Operasi Puri Agung 2024 yakni lokasi penyeberangan penghubung Banyuwangi dan Bali. Selain Pelabuhan Ketapang, petugas juga bersiaga di 14 pelabuhan rakyat yang tersebar di sepanjang perairan Banyuwangi.

“Selama sepuluh hari ke depan, kami akan melaksanakan tugas penjagaan, khususnya bagi pendatang yang akan ke Bali melalui Jatim,” tegasnya.

Selain itu upaya preventif lainya, masih Irjen Pol Imam, petugas telah mengubah kamera pengawas (CCTV) di akses masuk Pelabuhan Ketapang dan seluruh pelabuhan rakyat. CCTV diharapkan bisa merekam setiap aktivitas warga yang hendak menyebrang ke Bali.

"Kami sudah distensi Pak Kabaharkam untuk penambahan CCTV di titik yang perlu kami perkuat. Itu sudah kami lakukan. Termasuk di 14 titik pelabuhan rakyat juga sudah kami taruh CCTV. Termasuk personel yang kami libatkan dalam pengamanan," tandasnya.

Selain di akses penyeberangan, aparat juga akan memperkuat pengamanan di jalur menuju Banyuwangi. Kapolda minta masyarakat yang beraktivitas di Banyuwangi untuk memahami apabila waktu perjalanannya tersita akibat pemeriksaan yang bakal dilakukan aparat.

"Bagi masyarakat yang akan menyebrang ke Banyuwangi, mungkin waktunya akan tersita sedikit. Kami akan melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang yang dibawa," tutur Irjen Pol Imam.

Diketahui, Apel Gelar Pasukan Operasi Puri Agung 2024 di Banyuwangi itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto turut didampingi oleh Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kaskoarmada II Laksamana Pertama TNI Isswarto, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, serta para pejabat Polda Jatim, dan perwakilan Pemerintah Banyuwangi. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.