https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Jangan Lewatkan, Inilah Rangkaian Doa Wukuf di Arafah

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:33
Jangan Lewatkan, Inilah Rangkaian Doa Wukuf di Arafah Suasana wukuf di Arafah. (FOTO: MCH 2024 Kemenag)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Pada setiap musim haji, jutaan umat Muslim dari seluruh penjuru dunia berkumpul di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

Salah satu rukun haji yang paling sakral dan dinanti adalah wukuf di Arafah. Pada momen inilah, sebagaimana dituturkan Nabi Muhammad SAW, doa menjadi sangat utama dan mustajab, terutama pada hari Arafah saat jemaah berwukuf di padang tersebut.

Bagaimana bacaan doa saat wukuf di padang Arafah? 

Dalam bukunya, Fiqih Sunnah, Sayyid Sabiq menjelaskan bahwa wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah adalah rukun haji yang paling agung. Rasulullah SAW menegaskan dalam hadits yang diriwayatkan Abdurrahman bin Ya'mur:

الْحَجُّ عَرْفَةُ مَنْ جَاءَ لَيْلَةَ جَمْعٍ قَبْلَ طُلُوعِ الْفَجْرِ فَقَدْ أَدْرَكَ

Artinya: "Haji adalah (wukuf di) Arafah. Barang siapa yang datang (di Arafah) pada hari Nahar malam sebelum fajar terbit, dia terhitung melakukan wukuf." (HR Abu Dawud [486], Tirmidzi [228], Nasa'i [256], & Ahmad [309-310])

Imam Nawawi dalam kitab *Al-Adzkar* juga menyatakan, "Pada hari Arafah, dikerjakan sebagian besar pekerjaan haji, dan hari Arafah merupakan tujuan utama bagi haji serta menjadi rukunnya."

Makna dan Pelaksanaan Wukuf di Arafah

Wukuf, dalam pengertian sederhana, adalah hadir dan berada di bagian mana pun selama masih di padang Arafah, meski dalam kondisi tidur, terjaga, duduk, berbaring, berjalan, di atas kendaraan, keadaan suci atau tidak. Ahmad Sarwat dalam Ensiklopedia Fikih Indonesia: Haji & Umrah menjelaskan bahwa padang Arafah diperkirakan luasnya 10,4 km persegi.

Meski demikian, wukuf di bagian Shakhrat atau lokasi sekitarnya menjadi tempat utama berwukuf. Sesuai ucapan Nabi SAW, "Aku wukuf di sini, dan seluruh Arafah adalah tempat wukuf." (HR Ahmad, Muslim & Abu Dawud).

Pada hari Arafah, seorang Muslim dianjurkan menghabiskan waktu untuk berzikir dan berdoa, membaca Al-Qur'an, dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Imam Nawawi menekankan pentingnya mengulang-ulang doa dengan penuh keyakinan bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa itu. Sebaiknya doa dibuka dengan Hamdalah, sanjungan kepada Allah SWT, dan membaca shalawat dan salam untuk Nabi SAW, serta diakhiri dengan cara yang sama.

Keutamaan Doa di Hari Arafah

Sebagaimana diriwayatkan oleh Thalhah bin Ubaidillah, Rasulullah SAW bersabda:

أَفْضَلُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ ...

Artinya: "Sebaik-baiknya doa adalah doa pada hari Arafah," (HR Baihaqi [1720] & Malik [1/214, no. 500]).

Dalam riwayat lain dari Aisyah, Nabi SAW menuturkan, "Tidak ada hari yang pada hari itu Allah membebaskan hamba-Nya dari neraka dengan jumlah yang lebih banyak daripada hari Arafah. Sesungguhnya (pada hari itu) Dia turun dan membangga-banggakan mereka kepada para Malaikat. Dia lalu berkata, 'Apa yang mereka inginkan?' (HR Muslim, Ibnu Majah, Baihaqi & Hakim).

Hari Arafah adalah momen yang luar biasa dalam Islam, di mana rahmat Allah SWT begitu melimpah dan doa-doa para jemaah sangat mustajab. Jemaah haji dianjurkan untuk banyak berdoa dengan suara pelan, penuh rasa tawadhu, dan memohon ampunan dari segala dosa.

Doa-doa yang Dianjurkan Saat Wukuf di Arafah

Rasul SAW mengajarkan doa wukuf di padang Arafah melalui sabdanya. Berikut sejumlah bacaan doa yang dinukil dari kitab Al-Adzkar dan buku Fiqih Sunnah:

1. Doa Wukuf Arafah Versi Satu

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Latin: Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lah lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa 'ala kulli syai-in qadiir

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah, Dzat yang Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan segala pujian. Di tangan-Nyalah segala kebaikan dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu." (HR Ahmad dan Tirmidzi, dari Kakek Amir bin Syu'aib)

2. Doa Wukuf Arafah Versi Dua

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ كَالَّذِى نَقُولُ وَخَيْرًا مِمَّا نَقُولُ اللَّهُمْ لَكَ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي وَإِلَيْكَ مَا بِى وَلَكَ رَبِّ تُرَاثِى اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَوَسْوَسَةِ الصَّدْرِ وَشَتَاتِ الأَمْرِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَجِيءُ بِهِ الرِّيْحُ

Latin: Allahumma lakal hamdu kalladzii naquulu wa khairan mimmaa naquulu, Allahumma laka shalaati wa nusukii wa mahyaaya wa mamaati wa ilaika maabii wa laka rabbi turaatsi, Allahumma inni a'uudzubika min 'adzaabil qabri wa waswasatish shadri wa syataatil amri, Allahumma inni a'uudzu bika min syarri maa taji-u bihir riihu

Artinya: "Ya Allah, bagi-Mu segala puji seperti pujian yang kami ucapkan kepada-Mu dan lebih baik daripada pujian yang kami ucapkan untuk-Mu. Ya Allah, untuk-Mu shalat, ibadah, hidup, dan matiku. Hanya kepada-Mu tempat kembaliku dan hanya untuk-Mu, wahai Tuhanku, segala warisanku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari siksa kubur, bisikan nafsu, dan tercerai-berainya perkara. Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan tiupan angin." (HR Tirmidzi, dari Ali bin Abi Thalib)

3. Doa Wukuf Arafah Versi Tiga

اَللَّهُمَّ آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin: Allahumma aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa 'adzaaban naar

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta peliharalah kami dari azab neraka."

4. Doa Wukuf Arafah Versi Empat

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْماً كَثِيرًا، وَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُالرَّحِيمُ

Latin: Allahumma innii dzhalamtu nafsii dzhulman katsiiran, wa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta, faghfirlii maghfiratan min 'indika war hamnii innaka antal ghafuurur rahiima

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berbuat aniaya terhadap diriku dengan perbuatan aniaya yang banyak, dan sesungguhnya tidak ada seorang pun yang mengampuni dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu, dan belas kasihanilah aku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Pengasih."

5. Doa Wukuf Arafah Versi Lima

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً تُصْلِحْ بِهَا شَأْنِي فِي الدَّارَيْنِ، وَارْحَمْنِي رَحْمَةً أَسْعَدُ بِهَا فِي الدَّارَينِ، وَتُبْ عَلَيَّ تَوْبَةً نَصُوحًا لَا أَنكُثُهَا أَبَدًا، وَأَلْزِمْنِي الِاسْتِقَامَةَ لَا أَزِيْغُ عَنْهَا أَبَدًا

Latin: Allahummaghfir lii maghfiratan tushlih bihaa sya'nii fiddaaraini warhamnii rahmatan as'adu bihaa fiddaaraini wa tub 'alayya waubatan nashuuhan laa ankutsuhaa abadan, wa-alzimnii listiqaamata laa aziighu 'anhaa abadan

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku dengan ampunan yang dapat memperbaiki diriku di dunia dan akhirat. Belas kasihanilah aku dengan rahmat yang membuat aku bahagia di dunia dan akhirat. Terimalah tobatku dengan tobat yang murni yang tidak aku kotori lagi selama-lamanya. Tetapkanlah diriku pada jalan istiqamah (jalan yang lurus) yang tidak aku selewengkan lagi untuk selama-lamanya."

6. Doa Wukuf Arafah Versi Enam

اللَّهُمَّ انْقُلْنِي مِنْ ذُلِّ المَعْصِيَةِ إِلَى عِزِّ الطَّاعَةِ، وَأَغْنِنِي بحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ، وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

**Latin**: Allahummanqulnii min dzullil ma'shiyati ilaa 'izzith thaa'ati wa aghninii bihalaalika 'an haraamika, wa bithaa'atika 'an ma'shiyatika wa bi fadhlika 'amman siwaak

Artinya: "Ya Allah, pindahkanlah diriku dari hinanya kemaksiatan kepada mulianya ketaatan, cukupkanlah diriku dengan rezeki halal-Mu agar terhindar dari rezeki haram-Mu, dan dengan taat kepada-Mu agar terhindar dari maksiat terhadap-Mu, dengan karunia-Mu agar terhindar dari selain-Mu."

7. Doa Wukuf Arafah Versi Tujuh

وَنَوِّرْ قَلْبِي وَقَبْرِي وَأَعِذْنِي مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ، وَاجْمَعْ لِي الْخَيْرَ كُلَّهُ

Latin: Wa nawwir qalbii wa qabrii wa=a'idznii minasy syarri kullihi wajma'liil khaira kullahu

Artinya: "Sinarilah kalbu dan kuburanku, lindungilah aku dari semua kejahatan, dan himpunkanlah untukku semua kebaikan."

Doa-doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk dibaca saat wukuf di Arafah merupakan pedoman spiritual bagi umat Muslim yang menunaikan ibadah haji. Momen wukuf di Arafah adalah puncak dari rangkaian ibadah haji, di mana setiap jemaah dianjurkan untuk memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya untuk berdoa, berzikir, dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Sebagaimana diriwayatkan, hari Arafah adalah hari yang penuh berkah, di mana rahmat Allah melimpah dan dosa-dosa diampuni. Jemaah haji hendaknya berdoa dengan penuh keyakinan, membuka dan menutup doa dengan pujian kepada Allah SWT dan shalawat kepada Nabi SAW, serta memohon dengan penuh kerendahan hati dan ketulusan.

Sebagai umat Islam, memahami dan mengamalkan doa-doa saat wukuf di Arafah adalah bagian dari upaya kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui doa-doa tersebut, kita memohon segala kebaikan di dunia dan akhirat, serta perlindungan dari segala keburukan. Semoga ibadah haji kita diterima oleh Allah SWT dan kita semua mendapatkan berkah dan rahmat-Nya. (*) 

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.