https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Precast Blok Beton Berkait, Solusi Minimalisir Ambrolnya Sepadan Sungai di Banyuwangi

Sabtu, 18 Februari 2023 - 13:20
Precast Blok Beton Berkait, Solusi Minimalisir Ambrolnya Sepadan Sungai di Banyuwangi Wakil Sekretaris I Badan Pimpinan Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Banyuwangi, Menlu. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Hujan deras di daerah hulu selalu menyebabkan luapan air sungai di Banyuwangi, Jawa Timur. Kuatnya tekanan arus bahkan menyebabkan tergerusnya plengsengan hingga berakibat ambrolnya tanah sepadan.

Kondisi tersebut tentunya berpotensi membahayakan keselamatan masyarakat. Khususnya mereka yang terlanjur membangun rumah dipinggiran sungai.

Sebagai upaya meminimalisir kejadian tak diinginkan Wakil Sekretaris I Badan Pimpinan Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Banyuwangi, Menlu, menawarkan sebuah solusi. Menurutnya, upaya pencegahan ambrolnya sepadan sungai dengan menerapkan Precast Blok Beton Berkait (BBB) atau Blok Lego.

Precast BBB atau Blok Lego merupakan konstruksi beton yang cocok diterapkan disepadan sungai. Dibanding konstruksi plengsengan, metode ini dinilai lebih efektif dan efisien.

“Penyelesaian pekerjaan lebih cepat, terukur dan memiliki kualitas yang jelas,” katanya, Sabtu (18/2/2023).

Dan jika Precast BBB mengalami kerusakan dan masih dalam masa garansi, maka akan menjadi tanggung jawab pabrik pembuat. Jadi bukan menjadi tanggung jawab pemborong. Artinya, pemerintah atau pun pihak swasta penanggung jawab pekerjaan akan lebih diuntungkan.

“Selain itu, Ketika Blok Lego tergerus arus sungai dan kemudian roboh, tapi kondisinya masih utuh, tidak perlu membeli precast kembali. Hanya butuh ditata ulang Kembali,” jelasnya.

Kondisi tersebut berbeda saat sepadan sungai diperkokoh dengan konstruksi manual atau plengsengan. Dan ketika yang dijadikan patokan adalah kualitas dan ketahanan waktu, penggunaan Precast BBB dipastikan lebih murah.

Menlu, selaku Owner PT Raja Banyuwangi Beton (Rabanton) Maju Joyo Abadi, Jalan Raya Banyuwangi Situbondo, Desa Bulusan, Kecamatan Kalipuro ini menambahkan, walau Precast BBB dipastikan lebih kokoh dan tahan lama dibanding konstruksi plengsengan, bukan berarti tidak memiliki kelemahan.

“Diantara kelamahannya, ukuran maksimalnya mengikuti panjang dan lebar truk. Dan selama ini Precast BBB atau Blok Lego belum ada yang berbentuk belokan,” cetusnya.

Salah satu pentolan HPMI Banyuwangi, ini berharap ancaman ambrolnya sepadan imbas luapan air sungai, bisa menjadi perhatian khusus para pihak dan instansi terkait. Mengingat bencana bisa datang kapan saja. Dan tentunya sebuah inovasi untuk pencegahan harus dilakukan.

Sebagai informasi, Precast BBB atau Blok Lego merupakan sebuah konstruksi beton yang sudah dicetak dan dibuat terlebih dahulu di pabrik atau tempat khusus yang terpisah dari lokasi pembangunan. Tentunya, mulai bentuk hingga tingkat kekerasan telah melalui perencanaan yang matang. (*)

Pewarta : Fazar Dimas Priyatna
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.