Berita

Haidar Musyafa: Agar Bebas dari Korupsi, Indonesia Butuh Artijo-Artijo Baru

Senin, 01 Maret 2021 - 08:49
Haidar Musyafa: Agar Bebas dari Korupsi, Indonesia Butuh Artijo-Artijo Baru Artijo Alkostar saat masih hidupnya. (FOTO: Media Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTAHaidar Musyafa, penulis buku Novel Biografi Artidjo Alkostar 'Sogok Aku, Kau Kutangkap', memunyai kenangan mendalam pada sosok mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) yang meninggal dunia Minggu (28/2/2021) kemarin.

Menurut Haidar, banyak sudut teladan yang bisa diambil dari sosok Artijo. Salah satunya yaitu disiplin dan sangat memanfaatkan waktu. "Nggak ada waktu yang terbuang sia-sia. Misalnya ada waktu senggang, ya digunakan untuk membaca buku dan sebagainya," katanya kepada TIMES Indonesia, Senin (1/3/2021).

Artijo Alkostar 2Novel Biografi Artijo Alkostar 'Sogok Aku, Kau Kutangkap'. Karya Haidar Musyafa. (FOTO: Instagram/Haidar)

Soal pekerjaan, laki-laki asal Sleman itu menyampaikan, Artijo adalah sosok yang berintegritas tinggi. Juga berprinsip dan memegang teguhnya. Apa yang menurut nuraninya benar, itu yang almarhum lakukan.

Haidar mengaku, disuatu waktu, Artijo pernah bercerita, soal pekerjaannya sebagai hakim itu sangat berisiko. Tapi dia punya cita-cita untuk menegakkan dan memperjuangkan keadilan untuk semua kalangan,  "Jadi ya meski berat beliau ambil tugas dan amanah itu," jelasnya.

Soal penegakan hukum, Artijo juga bercerita, kalau hukum harus tajam ke atas dan ke bawah. Artinya, siapa yang salah harus dapat hukum yang sesuai, entah rakyat atau pemimpin, pejabat.

Artijo dikenal sangat benci dengan praktik korupsi. Karena itu merupaan perbuatan yang sangat menjijikkan dan merugikan banyak pihak. Khususnya negara dan rakyat. Dan Haidar melihat, itu yang diperjuangkan Artidjo hingga akhir hayatnya.

"Kita butuh sosok Artijo-Artijo baru, apalagi seperti saat ini yang korupsi kian merajalela dan yang menyedihkan dilakukan oleh mereka yang diberi kepercayaan untuk mengemban amanah rakyat," ujarnya.

Seperti yang diketahui, Artijo Alkostar meninggal dunia Minggu kemarin. Penyebabnya karena sakit jantung dan paru-paru. Artidjo Alkostar, akan dimakamkan di Makam Keluarga Besar Universitas Islam Indonesia (UII) pagi ini. Lokasi ini mengalami perubahan karena sebelumnya dikabarkan pemakaman akan dilakukan di Situbondo, Jawa Timur. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.