Berita

359 Jemaah Haji Pertama Asal Grobogan Tiba di Makkah

Jumat, 02 Juni 2023 - 20:33
359 Jemaah Haji Pertama Asal Grobogan Tiba di Makkah Ketua PPIH Subhan Cholid menyambut kedatangan jemaah haji kloter SOC 01 di Makkah. (Foto: MCH 2023 Kemenag RI)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Sebanyak 359 jemaah asal Grobogan, Jawa Tengah, menjadi rombongan pertama yang tiba di Makkah Al-Mukarramah. Bus yang mengangkut jemaah dari kloter satu Embarkasi Solo (SOC 01) tiba di Hotel Jawharat At-Tawheed Misfalah pukul 18.55 waktu Arab Saudi (WAS).

Kedatangan jemaah ini lebih awal dari yang dijadwalkan sebelumnya, yaitu pukul 20.00 WAS. Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M, Subhan Cholid, menyambut kedatangan mereka. Hadir pula penanggung jawab paket layanan dari Syarikah Masyariq Muhammad Amin Hasan Mushtafa Indragiri beserta stafnya, serta Asisten Koordinator Harian Bidang Konsuler Neni Kurniati.

"Dengan rasa syukur, jemaah kloter pertama dari Embarkasi Solo telah tiba di hotel ini, di Misfalah, sektor 10 Daker Makkah. Mereka datang lebih cepat dari yang dijadwalkan. Total ada 359 jemaah," ungkap Subhan di Makkah, pada Kamis (1/6/2023).

Kedatangan jemaah disambut dengan shalawat dan senandung Thala'al Badru. Subhan Cholid memberikan ID card kepada jemaah laki-laki, sementara petugas perempuan melakukan hal yang sama pada jemaah wanita. Sejumlah perempuan Arab juga membagikan bunga, roti, minuman kemasan, dan lainnya.

Di depan hotel, petugas dengan sigap menyambut kedatangan jemaah. Mereka mengatur dan membantu jemaah yang turun dari bus. Terdapat 25 kursi roda yang disediakan untuk membantu jemaah yang membutuhkannya.

Lima petugas Emergency Medical Team (EMT) Sektor 10 dengan cekatan memeriksa kondisi kesehatan jemaah. Tim ini terdiri dari satu dokter spesialis penyakit dalam, dokter umum, dan tiga paramedis.

"Pelayanan langsung diberikan oleh petugas kepada jemaah saat mereka menunggu antrean masuk ke kamarnya. Jemaah lansia ditempatkan di ruang tunggu prioritas yang telah disediakan," tambah Subhan.

Subhan merasa bersyukur melihat kondisi kesehatan jemaah yang relatif baik setelah perjalanan jauh dari Madinah ke Makkah. Terkait jadwal pelaksanaan umrah, Subhan menyerahkan sepenuhnya kepada jemaah.

"Rencana pelaksanaan umrah kita koordinasikan dengan ketua kloter dan ketua rombongan. Yang pasti, bus shalawat selalu siap," tegasnya.

Selain kloter SOC 01, empat kloter lainnya juga tiba di Makkah pada hari pertama kedatangan. Terdapat 393 jemaah dari kloter 1 Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG 01), 393 jemaah dari kloter 1 Embarkasi Makassar (UPG 01) yang diberangkatkan sekitar pukul 14.00 WAS dari Madinah, 393 jemaah dari kloter 1 Embarkasi Aceh (BTJ 01), dan 369 jemaah dari kloter 1 Embarkasi Medan (KNO 01) yang berangkat pada pukul 16.00 WAS dari Kota Nabawi.

"Total jemaah haji Indonesia yang tiba hari ini adalah sebanyak 1.897 orang," tambahnya. (*)

Pewarta : Bambang H Irwanto
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.