Berita

Hadiri Pembukaan Porseni NU 2023, Erick Thohir: Kalau Umat Sehat, Indonesia Kuat

Senin, 16 Januari 2023 - 22:07
Hadiri Pembukaan Porseni NU 2023, Erick Thohir: Kalau Umat Sehat, Indonesia Kuat Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah dan Ganjar Pranowo (kanan) dan Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar saat menghadiri pembukaan Porseni NU di GOR Sritex Arena (Foto: PBNU for TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, SURAKARTA – Ketua Pengarah (SC) Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) Erick Thohir menyebut Pekan Olahraga dan Seni atau Porseni NU tingkat nasional dapat menjadi momentum meningkatkan kesadaran akan pentingnya olahraga.

Membuka Porseni NU di GOR Sritex Arena, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), Erick menyampaikan hal ini selaras dengan ajaran Islam yang mendorong umat untuk mempunyai kekuatan dalam rohani maupun jasmani.

"Islam mengajarkan kita akan pentingnya kewajiban menjaga kekuatan jasmani dan rohani. Ini luar biasa, ribuan santri dan para kiai hadir di sini untuk menggelorakan budaya olahraga di negeri ini. Kalau umat sehat, Indonesia akan jauh lebih kuat," ujar Erick, Senin (16/1/2023) malam.

Erick menyampaikan, dalam riwayat HR Muslim pun Rasulullah berpesan bahwa mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dibanding mukmin yang lemah.

Pria kelahiran Jakarta itu mengatakan, kekuatan tersebut harus berimbang antara jasmani dan rohani. Hal ini, ucap Erick, sejalan dengan tema Porseni NU yang bertajuk 'Merawat Raga, Memperkuat Bangsa untuk Peradaban Dunia'.

erictohir.jpg

"NU sebagai organisasi Islam terbesar tidak sekadar memberikan sumbangsih kepada negeri dalam bidang keagamaan, tapi juga sektor lain seperti olahraga. Para santri sebagai masa depan generasi umat Muslim, harus berakhlak, cerdas, kuat, dan juga tangkas," kata Erick.

Erick yang mempunyai rekam jejak panjang dalam industri olahraga mengaku sangat antusias menyambut ajang Porseni NU yang menjadi salah satu rangkaian peringatan Satu Abad NU.

Menteri BUMN ini menyampaikan Porseni NU 2023 diikuti 6.400 kontingen dari seluruh Indonesia dengan tiga ribu para kiai, PWNU, dan pendamping yang juga hadir dalam acara tersebut.

"Kita lihat juga, jalan sehat menyambut Porseni diikuti 40 ribuan masyarakat. Ini merupakan pesan yang luar biasa dalam mendorong budaya berolahraga di Indonesia," ksta Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) tersebut.

Erick mengatakan, banyak nilai positif yang bisa diambil dari olahraga, seperti kerja keras, sportivitas, dan pentingnya kerja sama tim. Bagi Erick, nilai-nilai dalam olahraga dapat diimplementasikan dalam upaya memajukan bangsa.

"Dari olahraga kita bisa belajar untuk saling bekerja sama dalam membangun bangsa. Hal ini sudah pernah kita lakukan saat menghadapi pandemi lalu, dengan bekerja sama, kita mampu atasi berbagai tantangan yang ada," kata Erick Thohir dari arena Porseni NU 2023. (*)

Pewarta : Sholihin Nur
Editor : Imam Kusnin Ahmad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.