Berita

LKPBNU Salurkan Dana Bantuan untuk Peningkatan Program Pesantren Sehat di Banyuwangi

Selasa, 30 November 2021 - 20:32
LKPBNU Salurkan Dana Bantuan untuk Peningkatan Program Pesantren Sehat di Banyuwangi Para perwakilan dari pondok pesantren penerimaan dana bantuan program pesantren sehat. (FOTO: Riswan Efendi/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LKPBNU) menyalurkan bantuan dana untuk penguatan program pesantren sehat di Kabupaten Banyuwangi.

Bekerjasama dengan Lembaga Kesehatan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Banyuwangi (LKPCNU Banyuwangi), sedikitnya ada 5 pesantren di Bumi Blambangan yang menjadi sasaran dalam program ini.

Berlokasi di Aula rapat kantor PCNU Banyuwangi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, acara ini dihadiri langsung oleh perwakilan dari LKPBNU, Gus Bahrul Ulum dan Ketua Tanfidiyah PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini, serta seluruh jajaran LKPCNU Banyuwangi.

Program Pesantren Sehat banyuwangi 2

Ketua LKPCNU Banyuwangi, Mujito, SKM. M.Kes menyampaikan kegiatan pemberdayaan masyarakat pesantren sehat ini dilakukan dengan melatih santri agar memahami tetang kesehatan di lingkungannya masing-masing. Yang mana progam ini sudah dilaksanakan di lima pondok pesantren yang ada di kabupaten banyuwangi

"Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari kegiatan yang dilaksanakan oleh LKPCNU bersama LKPBNU, dengan memberikan dana stimulan ke pondok pesantren di kabupaten banyuwangi," kata Mujito, Selasa (30/11/2021).

Lanjutnya, dana tersebut nantinya akan dipergunakan untuk menunjang kebutuhan dalam rangka meningkatkan pesantren sehat. Selain itu, pemberian dana ini juga dimaksudkan agar pesantren bisa secara mandiri mengembangkan dan melaksanakan program dengan lancar.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini mengucapkan banyak terimakasih kepada LKPBNU, karena program ini juga menyasar pada pesantren yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Ia juga berpesan kepada penerima manfaat atau pondok pesantren  bahwasanya dana ini hanyalah stimulus saja, untuk selanjutan pondok pesantren diminta untuk terus berinovasi.

Program Pesantren Sehat banyuwangi 3

"Kesehatan pesantren hendaknya juga tidak bergantung dengan adanya program, tapi kemandirian juga sangat penting. Libatkan semua komponen yang bisa mendukung, seperti halnya PKM, PEMDES, MWC. Agar kesehatan pesantren benar-benar dapat diwujutkan dengan baik," ucap Gus Makki sapaan akrabnya.

Perwakilan dari LKPBNU, Gus Bahrul Ulum menyebutkan program pesantren sehat yang bekerjasama dengan kementerian kesehatan (Kemenkes) ini juga dilaksanakan di seluruh Indonesia. Salah satunya bertempat di lima pesantren yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

"Pemberian dana stimulan ini diharapkan sebagai langkah awal dalam menguatkan pondok pesantren sehat, kedepanya peran pemangku kepentingan atau stake holder juga diharapkan bisa mendukung penuh progam peningkatan pesantren sehat ini," ujarnya.

Terakhir LKPBNU berharap pesantren bisa memiliki berbagai inovasi untuk meningkatkan program pesantren sehat. Selain itu, dengan dana yang telah disalurkan ini diharapkan bisa mendorong kreativitas dan kesungguhan dalam menjalankan program pesantren sehat. (*)

Pewarta : Riswan Efendi (MG-307)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.